Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 16 Sep 2023 14:33 WIB ·

Brand Awareness: Kenali Tolok Ukur dan Manfaatnya Bagi Bisnis.


Img: pixabay Perbesar

Img: pixabay

Ketika kita sedang berbisnis apapun jenis usahanya, simbol dan nama menjadi salah satu hal yang mempengaruhi daya beli masyarakat. Sebagian besar pebisnis melakukan segala cara untuk membuat simbol merek yang mudah di ingat oleh masyarakat. Tujuannya, selain bisa menjadi daya tarik bagi pelanggannya juga bisa membuat orang konsisten menggunakan produknya sehingga pelanggan akan sadar bahwa simbol yang ada pada brand tersebut memang milik perusahaannya. Mungkin itu sedikit gambaran mengenai brand awareness, bagi pebisnis yang sudah lama membangun usahanya membuat sebuah simbol entah itu dari logo ataupun motto merupakan hal yang penting untuk membuat pelanggan tetap terus mengingat brand pada produknya.

Dalam pengertiannya sendiri, kesadaran merek ialah suatu upaya agar merek tersebut selalu ada di benak pelanggan sehingga mudah untuk di kenal. Kenapa kesadaran merek sangat penting untuk bisnis? Karena setiap bisnis akan bersaing dengan bisnis lainnya, apalagi bisnis tersebut mempunyai jenis yang sama dengan bisnis anda baik dari sisi produk ataupun pelayanannya. Itulah sebabnya sebagian besar bisnis berlomba-lomba menggunakan brand awareness agar bisnisnya mudah di ingat di benak konsumen dan konsisten untuk menggunakannya. Kesadaran merek sudah menjadi bagian dari metode marketing dalam menjalankan bisnis.

Sebagian besar masyarakat akan cenderung memilih produk dari brand yang sudah pupuler dan ada sejak lama. Misalnya seperti teh kemasan botol, orang akan lebih memilih produk teh botol sosro karena selain rasa tehnya lebih nikmat di banding teh kemasan botol lainnya juga sudah terkenal sejak lama.

Tolok Ukur Brand Awareness.

Img: slideteam.net

Pada gambar di atas merupakan tolok ukur yang berbentuk piramida. Terdapat ada tiga jenis  tolok ukur dari kesadaran merek yaitu top of mind, brand recall, dan brand recognition.

  • Top Of Mind.

Dalam bahasa indonesia, top of mind di sebut puncak pikiran. Maksud dari tolok ukur pertama ini ialah mengenai merek yang akan di ingat orang pertama kali. Tujuannya ialah ketika pelanggan nantinya di tanya merek apa yang paling di ingat. Contohnya, seseorang menanyakan kepada ada mengenai teh celup ” Apa Merek Teh Celup yang anda ingat sekarang?” Orang tersebut pasti akan menjawab “Teh Sariwangi”. Dari jawaban tersebut, dapat di simpulkan bahwa produk yang paling di ingat pertama kali itu teh sari wangi.

  • Brand Recall.

Jika di artikan dalam bahasa indonesia, brand recall artinya pengingat merek kembali. Jadi, tolok ukur ini di lakukan dengan cara memberikan list kepada seseorang lalu memintanya untuk memilih brand mana yang di ingat dan di kenal. Contohnya, anda di minta untuk memilik merek teh celup yang di ingat dan di kenal. Ada beberapa list merek seperti teh cap botol, teh cap poci, teh sariwangi, dan teh sosro. Lalu, anda mengingat produk sariwangi.

  • Brand Recognition.

Yang terakhir ini adalah pengenalan merek. Tolok ukur ini di lakukan pada saat pelanggan mengenal brand tersebut namun tidak bisa di ingat secara spontan walau sebenarnya sudah menggunakan produk dari brand tersebut. Umumnya, cara ini perlu dorongan lain yang bisa memudahkan konsumen dalam mengingat produk tersebut.

Manfaatnya Bagi Bisnis.

Brand Awareness

Img: pexels.com

  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen.

Jika sudah banyak orang yang mengenal brand anda apalagi kualitas produknya sesuai dengan harapan konsumen akan membuat kepercayaan konsumen semakin meningkat. Dengan begitu, konsumen tidak perlu lagi mencari-cari dan meriset produk brand tersebut karena kualitasnya sudah teruji.

  • Meningkatkan Citra Brand.

Selain meningkatkan kepercayaan konsumen, kesadaran merek juga bisa meningkatkan citra brand tersebut. Sebenarnya, kesadaran merek itu tidak sama dengan image produk karena ini lebih dari sekedar orang yang mengenal mereknya. Brand awareness tidak akan bertahan lama apabila konsumen memiliki pengalaman yang kurang mengenakan saat menggunakan produk dari brand tersebut.

  • Meningkatkan Penjualan.

Manfaat terakhir ialah dapat meningkatkan penjualan produk. Mengingat kesadaran merek menjadi salah satu prioritas utama dalam berbisnis untuk menerapkan strategi penjualan mulai dari sosial media sampai dengan SEO. Hal inilah yang mempermudah anda dalam meningkatkan kesadaran merek pada pelanggannya sehingga bisa menjual lebih banyak lagi.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 69 kali

Baca Lainnya

Kuliah Kerja Nyata: Pengertian, Tujuan & Manfaatnya

27 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kuliah Kerja Nyata

Transkrip Nilai: Pengertian, Fungsi dan Cara Mendapatkannya

27 Mei 2024 - 21:40 WIB

Kendala Yang Sering Dialami

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Transkrip Nilai
Trending di Edukasi