Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 30 Okt 2022 15:35 WIB ·

Cara Agar Tetap Aman saat Berada di Kerumunan


IMG: PEXELS/Ralph Chang Perbesar

IMG: PEXELS/Ralph Chang

Melihat pesta Halloween yang berubah menakutkan di Itaewon, membuat kita sadar tentang pentingnya untuk mengetahui cara agar tetap aman saat berada di tengah kerumunan, baik saat acara seperti festival, konser musik, atau kondisi gawat darurat.

Karena crowd surge dan crowd collapse bisa mematikan, amat penting bagi kita untuk mengetahui cara agar tetap aman saat berada di kerumunan. Dimuat dalam The Conversation, pakar dari Max Planck Institute for Human Development, Mehdi Moussaid, mencatat 10 cara untuk tetap bertahan di tengah kerumunan, antarra lain:

Lihat sekeliling

Pertama, cari ruang di mana kerumunan tidak begitu padat sehingga kamu bisa keluar. Selain itu, cari juga pagar atau tangga agar kamu bisa memanjat keluar dari kerumunan.

Jauhi rintangan

Cara sebelumnya tidak berlaku jika kamu terjebak dinding, pagar, atau rintangan lain yang tak bisa kamu panjat. Jika memungkinkan, jauhi dinding, pilar, atau pagar agar kamu tidak terjepit.

Langsung pergi

Jika kerumunan tak terbendung, urungkan niat dan jangan paksa untuk masuk, sehingga bisa menyelamatkan diri dan tidak membahayakan orang lain.

Tetap berdiri

Jika terjatuh, crowd collapse bisa menciptakan efek domino, dan tubuh tertindih hingga sulit bangun. Jadi, usahakan untuk tetap berdiri kokoh di tengah kerumunan.

Jaga napas

Oksigen amat penting untuk mencegah asfiksia. Jadi, jangan berteriak atau banyak bicara di tengah kerumunan kecuali memang perlu.

Tangan bak petinju

Jika kerumunan mulai intens, tekuk lengan ke dada seperti petinju yang melindungi diri. Dengan ini, rusuk dapat terlindung dari tekanan kerumunan, sehingga paru-paru bisa bernapas.

Ikuti arus

Melawan arus kerumunan justru malah menguras energi. Jadi, ikuti arus dan tetap jaga keseimbangan dan jangan sampai jatuh.

Jangan panik

Kepanikan sering terjadi saat kerumunan bergegas ke satu lokasi secara bersamaan untuk menghindari bahaya atau gawat darurat. Pergerakan kerumunan bisa amat berbahaya, jadi pantau situasi, tetap tenang, dan bergeraklah ke tempat yang aman dan terbuka.

Saling peduli

Saling bantu adalah kunci mencegah tragedi, dan kerumunan yang saling peduli lebih baik daripada kerumunan yang individualistis. Selain mencegah agar diri tak terjatuh, jaga mereka yang terlihat lemah dan bantu mereka yang terjatuh agar tidak terinjak-injak kerumunan.

Nah ituu dia cara agar tetap aman saat berada di tengah kerumunan. Stay safe!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024

Tips Atasi Rasa Kantuk Saat Di Dalam Kelas

18 Februari 2024 - 21:25 WIB

Tips Atasi Rasa Kantuk

Definisi Mencangkok Tanaman dan Langkah-Langkahnya

15 Februari 2024 - 20:36 WIB

Definisi Mencangkok Tanaman

Tata Krama Saat Berbicara Seperti Apa? Simak Di Sini!

13 Februari 2024 - 22:03 WIB

Tata Krama Saat Berbicara

Tips Meningkatkan Kontribusi Mahasiswa Dikampus

3 Februari 2024 - 23:03 WIB

Tips Meningkatkan Kontribusi

Memahami Tanda Gangguan Kecemasan Sosial Pada Remaja

30 Januari 2024 - 21:42 WIB

Memahami Tanda Gangguan Kecemasan
Trending di Sosial