Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 24 Apr 2022 11:47 WIB ·

4 Cara Makan dengan Tenang Tanpa Takut Berat Badan Naik!


instagram/@hannadietdiary Perbesar

instagram/@hannadietdiary

Pernah ngerasa takut berat badan akan naik saat kamu sedang makan? Kadang, ujung-ujungnya malah nggak jadi makan ya? Beberapa orang pasti pernah mengalami hal ini, terutama bagi kaum hawa. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar kamu tidak khawatir berat badan naik saat sedang makan.

  • Minum Air Sebelum Makan

Minum air memang menjadi sebuah kewajiban karena tidak ada makhluk hidup yang dapat bertahan tanpa minum air. Dengan minum air yang cukup terutama air putih, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Tentunya kamu sudah sering  mendengar bahwa kebutuhan air untuk minum setiap harinya yaitu delapan gelas sehari. Nah, kamu usahakan ya untuk minum air pada saat sebelum makan. Ternyata, minum sebelum makan dapat membuat efek kenyang sehingga membuat nafsu makan sedikit berkurang.

  • Hindari Menggunakan Piring Berwarna Cerah

Pernah dengar bahwa warna piring ternyata dapat mempengaruhi nafsu makan? Wah, masa sih? Dikutip dari artikel Sari Agri, ada kaitannya antara warna piring dengan pengaruh nafsu makan. Berdasarkan penjelasan pakar diet Dr. Brian Wansink dari Cornell University’s Food & Brand Lab, AS, menjelaskan bahwa warna di sekitar tempat makan sangat memengaruhi porsi makan dan nafsu makan, seperti dilansir dari forbes. Salah satunya yaitu penggunaan piring berwarna cerah, karena akan terlihat seperti tidak ada kontras sehingga porsi makan dapat meningkat hingga 18 persen. Dengan begitu, banyaknya makanan yang berada di piring berwarna cerah akan terlihat lebih sedikit sehingga akan membuat nafsu makan menjadi meningkat.

Untuk membuktikannya, bisa nih dicoba di rumah. Kira-kira, apakah menggunakan piring berwarna cerah atau sebaliknya ada pengaruhnya dengan nafsu makan?

  • Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Siapa nih yang suka makan terburu-buru? Eits, makan terburu-buru itu nggak baik loh. Dalam segi kesehatan, makan terburu-buru dapat membuat tersedak. Selain itu, penyerapan nutrisi makanan juga menjadi terganggu. Nah, kan ngeri juga!

Dikutip dari artikel AKG FKM UI, ketika seseorang makan perlahan dan mengetahui berapa banyak makanan yang dikunyah, maka orang tersebut dapat merasakan seberapa dirinya kenyang ataupun lapar. Saat hal ini terjadi, otak akan memberikan sinyal bahwa seseorang sudah cukup makan. Di sisi lain, jika seseorang melahap makanan hanya dalam beberapa menit, otak akan berpikir bahwa tubuh orang tersebut belum cukup makan dan masih lapar akibat dari menghabiskan makanan terlalu cepat. Sinyal rasa kenyang dari otak membantu mengurangi risiko makan berlebihan dan membantu mengendalikan berat badan.

Nah, sudah tahu manfaatnya bukan? Yuk, kunyah makananmu secara perlahan ya. Selain terhindar dari tersedak dan membantu penyerapan nutrisi dengan baik, ternyata dapat membantu mengontrol nafsu makan loh.

  • Jangan Lupa Makan Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah, dapat memberikan manfaat yaitu melancarkan pencernaan. Selain itu dalam hal nafsu makan, mengonsumsi makanan berserat ternyata bisa menekan rasa laparmu terutama ketika sebelum mengonsumsi makanan berat. Dengan mengomsumsi makanan berserat, dapat membuat perutmu akan terasa kenyang. Kamu bisa mengonsumsi buah karena buah merupakan makanan berserat yang paling praktis dan dapat langsung dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu.

Dari semua tips di atas, tentunya harus diimbangi dengan pola hidup sehat ya seperti olahraga, menjaga asupan makanan yang sehat, dan tidur yang cukup. Makan tidak harus takut karena makan adalah salah satu penunjang kamu untuk bertahan hidup. Nikmati apa yang bisa kamu nikmati hari ini karena hidup cuma sekali.

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Dini Lailatul Khasanah

Komentar
Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation
Trending di Tips dan Trik