Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 10 Mei 2022 20:53 WIB ·

Ternyata Ini Cara Membersihkan Sepatu Yang Benar!


Img: Pexels/Pixabay Perbesar

Img: Pexels/Pixabay

Kebersihan sepatu, seperti pakaian, seprai, selimut, dan barang-barang pribadi lainnya, tidak boleh diabaikan. Jika kamu tidak mencuci tangan setelah menyentuh sepatu kotor, kemungkinan besar kamu akan terserang kuman dan penyakit. Mulai sekarang kamu harus mengetahui cara membersihkan sepatu yang benar. Tidak hanya melindungi sepatu kamu dari kuman, tetapi juga membantu menjaganya agar tetap dalam kondisi baik.

Ketahui bahan dan jenis sepatu

Tidak semua jenis sepatu memiliki tingkat perawatan dan cara pembersihan yang sama. Kamu dapat membaca petunjuk pembersihan sepatu dengan cermat pada label atau kotak sepatu. Jika tidak terdapat keterangan yang cukup, kamu bisa mencarinya di internet atau bertanya ke orang lain untuk mengetahui bahan dan jenis sepatu kamu.

Cuci sepatu sesuai bahannya

Setelah mengetahui jenis dan bahan sepatu, kamu dapat mulai menyiapkan peralatan yang seperlunya. Misalnya, jika kamu ingin membersihkan sepatu suede, kamu memerlukan sikat gigi bekas dan cairan pembersih berbahan suede.

Bersihkan bagian dalam sepatu

Saat membersihkan sepatu, kamu tidak hanya harus membersihkan bagian luar tetapi juga bagian sol dan tali sepatu. Kamu juga tidak boleh mengabaikan tali sepatu. Selain terlihat dari luar, tali sepatu juga bisa berfungsi sebagai rumah bagi debu dan kotoran. Kamu juga bisa menyemprotkan desinfektan pada bagian dalam sepatu untuk memastikan kuman sudah mati.

Hindari menjemur di bawah cahaya matahari secara langsung

Tahap pengeringan merupakan langkah selanjutnya dalam mencuci sepatu. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jenis sepatu bisa dijemur di bawah sinar matahari. Beberapa bahan sepatu, seperti kulit, dapat rusak jika terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama. Dalam beberapa kasus, pengeringan sepatu bisa dengan cara menaruhnya di tempat terbuka seperti di teras. Namun, tidak langsung terkena cahaya matahari, dan di dalamnya diberi koran untuk menyerap air sehingga sepatu bisa kering dengan sendirinya.

Simpan sepatu dengan benar

Jamur dapat tumbuh 27,5 kali lebih cepat di lingkungan yang lembab, menurut penelitian yang terbit dalam International Journal of Indoor Environment and Health.

Jaga agar sepatu Anda benar-benar kering untuk mencegah jamur tumbuh di atasnya. Agar lebih aman, letakkan silica gel di dalam sepatu agar kelembapannya tetap stabil.

Demikian cara membersihkan sepatu dengan benar. Setelah ini, diharapkan kamu dapat merawat sepatu dengan baik agar lebih awet dan terjaga kebersihannya. Selamat mencoba!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Tips Mengosongkan Memori IPhone Tanpa Hapus Gallery

21 April 2024 - 21:21 WIB

Tips Menggunakan Google Maps Dengan Benar, Anti Nyasar!

20 April 2024 - 22:06 WIB

Tips Memilih Smartphone dengan Kamera Bagus Harga Terjangkau

19 April 2024 - 21:12 WIB

Tips Menghilangkan Iklan Pada HP Infinix, Mudah Sekali!

19 April 2024 - 19:59 WIB

Tips Mendapatkan IPK Tinggi Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:59 WIB

Fakta Unik Seputar Universitas

Tips Mengoptimalkan TikTok untuk UMKM Anda

16 April 2024 - 20:46 WIB

Tips Mengoptimalkan Tiktok
Trending di Tips dan Trik