Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 7 Feb 2023 13:00 WIB ·

Cara Mengatasi Suara Panggilan Hilang


Pinterest: @portaljuristas Perbesar

Pinterest: @portaljuristas

Cara Mengatasi Suara Panggilan Hilang – Ketika asik berbincang dengan teman melalui via WhatsApp. Tiba-tiba suara teman kalian hilang, akan tetapi suara kalian masih ada di handphone teman kalian. Masalah ini akhir-akhir ini sering terjadi pada handphone saya, akan tetapi masalah ini jarang terjadi, untuk saat ini hanya beberapa orang pasti mengalami. Ada beberapa penyebab panggilan WhatsApp bisa hilang, dari microphone, speaker atau aplikasi WhatsApp yang sering bug.

Tentu panik bukan?

Bagaimana cara mengatasi masalah diatas?

Sebelumnya pastikan 2 hal sebelum ke langkah berikutnya

  1. Speaker : Cek terlebih dahulu masih berfungsi dengan baik tidak speaker WhatsApp kalian. Dengan cara melihat story WhatsApp teman-teman berupa video yang ada suaranya. Bisa juga dengan memutar musik dan cek volume handphone kalian. Jika suara kecil atau tidak jelas, maka yang bermasalah adalah pada speaker kalian.
  2. Microphone : Dengan mengecek microphone masih berfungsi dengan baik pada WhatsApp. Dengan cara mengirim pesan suara atau voice note pada teman kalian. Jika pada pesan suara tidak tertangkap suara kalian, maka ada masalah pada microphone WhatsApp atau handphone kalian.

Jika speaker dan microphone kalian masih berfungsi dengan baik, maka berikutnya lakukan cara sebagai berikut.

Cara Mengatasi panggilan suara whatsapp hilang

  1. Pastikan koneksi Internet stabil

Cara pertama yaitu dengan memastikan koneksi yang kalian gunakan stabil. Karena ketika internet tidak stabil itu salah satu penyebab hilangnya suara pada panggilan.

Kalian dapat mengirimkan pesan kepada teman untuk mengecek kestabilan koneksi internet. Bisa juga dengan menelepon ulang teman kalian, jika suara putus-putus maka yang bermasalah koneksi dari internet kalian. Dengan mematikan sebentar data atau jaringan wifi yang kalian gunakan, lalu aktifkan kembali dan coba kembali cara diatas.

  1. Ganti jaringan

Cara kedua yaitu dengan mengganti jaringan yang kalian gunakan. Dengan awalnya kalian menggunakan data seluler, ganti dengan meminta hotspot wifi teman untuk mencobanya atau bisa juga menggunakan wifi dan sebaliknya.

  1. Pakai Headset

Cara ketiga yaitu dengan memakai headset saat telpon. Ini salah satu solusi jika panggilan suara WhatsApp hilang, bisa juga dikarenakan speaker yang tidak berfungsi dengan baik. Kalian bisa gunakan headset sementara untuk melakukan panggilan WhatsApp saat ini.

  1. Periksa izin akses WhatsApp

Cara keempat yaitu dengan periksa izin akses WhatsApp. Ketika memakai WhatsApp kalian harus memberikan izin akses agar dapat menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi tersebut.

Maka periksa terlebih dahulu akses WhatsApp kalian dengan cara buka aplikasi setting atau pengaturan handphone kalian, lalu pilih menu aplikasi, selanjutnya pilih WhatsApp dan aktifkan izin akses microphone. Selain itu, kalian juga perlu memberikan izin akses pada sistem lainnya seperti kamera, galeri, dan lain sebagainya untuk mempermudah penggunaan fitur WhatsApp lainnya.

  1. Clear Cache

Cara kelima yaitu dengan clear cache atau membersihkan cache pada WhatsApp. Jika cache pada WhatsApp penuh bisa menyebabkan bug atau eror pada aplikasi tersebut.

Cara menghapus cache WhatsApp yaitu dengan menekan lama aplikasi WhatsApp pada halaman handphone kalian. Lalu pilih menu inpo aplikasi, dan pilih hapus data dengan memilih bersihkan cache. Kalian bisa juga membersihkan dengan cara ke pengaturan handphone, lalu pilih menu aplikasi dan cari aplikasi WhatsApp, selanjutnya pilih bersihkan cache.

  1. Update WhatsApp terbaru

Cara keenam yaitu update aplikasi WhatsApp terbaru. WhatsApp yang lama tidak diupdate dapat menyebabkan masalah ini terjadi. Dengan update WhatsApp terbaru ini salah satu solusi dari masalah tersebut. Jika update WhatsApp tidak dapat mengatasi masalah tersebut, kalian dapat instal ulang aplikasi WhatsApp kalian di play store.

  1. Restart HP

Cara terakhir yaitu cara yang mudah dan sering digunakan dengan restart handphone kalian. Dengan mematikan handphone kalian selama 20-30 detik, lalu hidupkan kembali handphone kalian.

Itulah beberapa cara atau solusi mengatasi panggilan suara WhatsApp hilang pada android. Semoga membantu dan bermanfaat bagi teman-teman mediaedukasi.id

Selamat mencoba semoga berhasil.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran

Tips Membalas Email Panggilan Interview dengan Profesionalisme

3 Mei 2024 - 21:41 WIB

Tips Membalas Email

Cara Mudah Bermain Catur bagi Pemula

1 Mei 2024 - 21:09 WIB

Cara Mudah Bermain Catur
Trending di Tips dan Trik