Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 3 Feb 2023 10:50 WIB ·

9 Cara Mengatur Uang Anak Kos 300 Ribu Perbulan


cara mengatur uang anak kos Perbesar

cara mengatur uang anak kos

Cara mengatur uang anak kos – Anak kos pada umumnya anak rantau yang jauh dari orang tua sekaligus rumahnya, bagaimana sih cara mengelolah keuangan dengan baik dan tetap hemat? Apalagi dengan jumlah nominal sedikit? Pasti muncul pertanyaan pada pikiran anak kos dengan keadaan seperti di atas.

Mari simak berikut cara-cara mengelola keuangan agar tetap hemat dengan 300.000 ribu per bulan, semoga bermanfaat!!

  1. Buat notes list kebutuhan bulanan

Pertama buat catatan daftar kebutuhan bulanan, karena itu langkah penting dalam berhemat. Coba hindari pembelian yang berlebih pada barang atau bahan setiap pembelian. Catatan ini akan menjadi acuan bagi pembagian uang yang akan di alokasikan sesuai kebutuhan.

Membuat Catatan bulanan memudahkan rincian pembelian bagi kita. Saran bagi pemula dapat mencoba menggunakan dompet budgeting utuk mengatur pembagian pengeluran, pisahkan uang kebutuhan belanja dan uang pribadi seperti uang jajan.

  1. Buat anggaran belanja mingguan

Kedua buatlah anggaran belanja mingguan, ketika anak kos mendapat uang bulanan 300.000 ribu perbulan dari orang tuanya, langkah awal pisahkan uang belanja 50.000 ribu perminggu.

Dengan membagi uang saku 200.000 ribu untuk belanja dan 100.000 ribu untuk uang jajan atau kebutuhan lainnya. Dengan 50.000 ribu perminggu dapat membeli stok bahan makanan mulai dari bumbu dapur sampai sayur dan lauk pauk.

Jika fasilitas kos menyediakan kulkas bersama, bahan dapat dibeli secara bersamaan dan diletakan ke dalam kulkas. Untuk beras bisa membawa dari rumah ketika akan balik ke kos, itu juga akan mengehamat pengeluaran.

  1. Memasak sendiri

Memasak sendiri, uang 50.000 ribu akan cukup perminggunya. Jika belum bisa memasak sendiri, cobalah untuk belajar memasak  dengan memulai memasak simple dengan melihat tutorial pada social media, dengan berjalannya waktu akan mahir sendiri.

Ditambah apabila adanya fasilitas dapur pada kosan, akan mempermudah anak kos dalam menghemat uang. Dengan adanya alat masak yang sudah tersedia seperti wajan, panci, cobek dan lain sebagainnya.

Dengan memasak sendiri, anak kos dapat lebih menghemat pengeluaran. Sedangkan jika dibandingkan membeli makanan diluar, memasak makanan sendiri akan lebih bervarian dan sesuai apa yang kita suka.

Dengan sekali masak dapat 2 sampai 3 kali porsi makanan dalam sehari, membiasakan memasak sendiri akan menjadikan kebiasaan baik untuk diri sendiri.

  1. Jangan Malu Bawa Bekal

Membawa bekal ke kampus atau ke kantor, ini salah satu cara menghemat anak kos dengan membawa makan dan minum sendiri yang nantinya akan mengurangi beli makanan diluar.

Tidak perlu malu dan gensi terhadap teman apabila membawa bekal dari kos, dengan membawa bekal sendiri terjaminnya kebersihan dan kehegienisan dari makan tersebut. Dan target 300.000 ribu perbulan akan tercapai keberhasilannya.

  1. Belanja online

Belanja online, belanja online kebutuhan bulanan dengan mencari promo sangatlah efektif dalam menghemat keuangan. Dengan acuan list kebutuhan bulanan dengan mengecek stok dari alat atau bahan tersebut seperti alat mandi dan lain sebagainya.

  1. Jangan malas mencuci pakaian

Mencuci pakaian sendiri, anak kos akan menjadi terbiasa yang menjadikan kebiasaan positif terhadap keseharianya.  Saya merasakan sendiri bagaimana mencuci pakaian sendiri yang dilakukan setiap hari jauh lebih efektif.

Dengan membiasakan mencuci menghindari terjadinya pakaian menumpuk,  yang nantinya akan mengakibatkan malas untuk mencuci, dengan mencuci setiap hari akan mempermudah hemat keuangan dan meringankan beban keseharian.

  1. Kurangi bepergian

Mengurangi bepergian sangatlah penting seperti jajan-jalan atau hangout dengan teman. Dengan hangout pastinya akan mengeluarkan uang yang cukup banyak bukan?

Akan tetapi dengan menghemat mengurangi berpergian bukan untuk menyiksa diri,  hanya saja bolehlah hangout sesekali.Akan tetapi perlunya memperhatikan dan mengbudget pengeluran sendiri, bukan hanya hangout saja, jajan setiap harinya juga perlu di atur pengelurannya.

  1. Menabung

Cara selanjutnya rutin menabung, biasakan menyisihkan uang minimal 5.000 ribu saja perbulannya. Walau dengan 300.000 ribu per bulan tetap biasakan menabung.

Dengan menabung seperti ini jika suatu saat ada dana dadakan, pada saat itu juga membutuhkan uang lebih dapat kalian gunakan tabungan tersebut, dan jangan lupakan sedekah.

  1. Rekap pengeluaran bulanan

Cara terakhir menghemat yaitu dengan merekap ulang pengeluaran pada setiap bulan, demikian cara ini kita dapat melihat total pengeluaran disetiap bulannya.

Dengan merekap pengeluaran ini, kita dapat mengevaluasi pengeluran yang berlebihan pada setiap bulannya, dengan membiasakan diri mengatur keuangan sejak dini, akan bermanfaat kedepannya.

Bagaimana sudah cukup terjawab? Cukup hemat bukan?

Demikian informasi Cara mengatur uang anak kos. Selamat mencoba dan semangat teman-teman mediaedukasi.id…..

Komentar
Artikel ini telah dibaca 752 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit

Tips Pulihkan Energi dan Menghadapi Masa Sulit di Semester Akhir

19 Juni 2024 - 16:44 WIB

Tips Hadapi Seminar Magang Agar Berjalan Lancar dan Sukses

19 Juni 2024 - 16:30 WIB

Pemasaran sosial

Tips Networking Ini Bisa Mahasiswa Terapkan, Wajib Tahu!

18 Juni 2024 - 16:01 WIB

Tips Meningkatkan skill pengembangan

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Tips dan Trik