Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 3 Agu 2022 20:58 WIB ·

5 Tips Mengendalikan Emosi, Jangan Cuma Dipendam


Img: pexels-cottonbro Perbesar

Img: pexels-cottonbro

Kemarahan adalah emosi yang mendasar dan kuat. Kemarahan adalah ekspresi, tetapi jika tidak kamu kendalikan, itu dapat memicu banyaknya hal negatif. Marah adalah emosi yang normal. Namun, kamu harus menyadari bahwa kesulitan tersebut dapat terkontrol ketika kamu dapat mengendalikan emosi dengan baik.

Nah, beberapa saran ini mungkin bisa membantu kamu dalam mengendalikan emosi. Penasaran? Yuk, simak tips berikut ini:

Visualisasi

Memvisualisasikan situasi yang memicu kemarahan kamu akan membantu kamu melatih respons kemarahan kamu untuk ekspresi akhir. Tulis deskripsi rinci tentang kemarahan kamu; semakin rinci uraiannya, semakin efektif latihannya; sertakan pikiran marah dalam deskripsi untuk kejelasan. Kamu bisa mulai dengan adegan yang membuat kamu paling tidak marah dan melanjutkan ke adegan kemarahan yang paling menjengkelkan yang bisa dibayangkan.

Tidur

Pernahkah kamu memperhatikan betapa mudah tersinggung, jengkel, dan marah yang kamu rasakan ketika kamu tidak cukup tidur? Ini karena perubahan suasana hati disebabkan oleh kurang tidur. Tidur terkait dengan regulasi emosional yang sehat dan diperlukan untuk kualitas tidur yang baik setiap hari. Tidur mengurangi stres dan mendetoksifikasi otak, membuat kamu lebih energik dan ramah. Selanjutnya, hindari nikotin, kafein, dan alkohol sebelum tidur karena dapat mengganggu tidur.

Olahraga

Latihan fisik dapat membantu kamu mengurangi kelebihan energi karena kemarahan. Olahraga menyebabkan pelepasan hormon bahagia dalam tubuh, memberikan rasa relaksasi langsung. Untuk menuai manfaatnya, lakukan olahraga favorit atau latihan aerobik dasar seperti jalan cepat, lari, atau joging selama 30 menit empat kali seminggu.

Relaksasi

Cara paling sederhana untuk memulai detoksifikasi adalah dengan latihan pernapasan dalam, meditasi kesadaran terpandu, relaksasi otot progresif, dan pernapasan yang dikendalikan gerakan. Perhatikan respons tubuh kamu terhadap setiap latihan di atas dan bandingkan dengan respons tubuh kamu terhadap kemarahan; ini akan membantu kamu memahami perbedaan antara keadaan santai dan gelisah. Yoga juga telah terbukti menjadi alat yang ampuh untuk membersihkan pikiran, tubuh, dan jiwa dari efek stres, yang merupakan penyebab utama kemarahan.

Berhenti dari sejenak

Ketika kamu marah, cobalah untuk mengambil nafas dan pertimbangkan apa yang ingin kamu lakukan dan katakan. kamu dapat memikirkan kemungkinan tanggapan terhadap apa yang akan kamu katakan atau lakukan dengan berhenti sejenak dan berpikir.

Dapatkah tindakan dan kata-kata itu merugikan atau membantu orang lain? Jika ini masalahnya, pertimbangkan untuk membatalkannya dan jangan lanjutkan.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation
Trending di Tips dan Trik