Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 27 Agu 2022 11:42 WIB ·

5 Trik Mudah Mengurangi Mata Sembab


Img: pexels-cottonbro Perbesar

Img: pexels-cottonbro

Bangun dengan mata bengkak memang merepotkan karena membuat kamu terlihat lelah dan najis. Mata sembab atau bengkak dapat karena beberapa faktor, termasuk kurang tidur atau menangis.

Cairan terkumpul di jaringan di sekitar mata dan kelopak mata saat kamu menangis. Inilah sebabnya mengapa menangis dalam waktu lama dapat menyebabkan mata sembab.

Penyebab lain mata sembab salah satunya alergi: Kontak antara mata dan alergen menyebabkan mata bengkak yang disebabkan oleh alergi (zat pemicu alergi). Alergen dapat berupa apa saja, mulai dari debu, bulu binatang, serbuk sari tanaman, hingga polusi atau asap.

Reaksi alergi ini menyebabkan histamin  dikeluarkan dari tubuh, mengakibatkan mata sembab, kemerahan, berair, dan gatal. Alergi dapat menyebabkan mata bengkak, hidung tersumbat, dan bersin.

Sementara concealer dan pelembab daerah mata dapat membantu menyamarkan, namun tidak cukup mengatasi penyebab akumulasi cairan. Berikut adalah beberapa trik cepat untuk mata bengkak, menurut stylecaster.com dan Alodokter:

Kompres dengan air dingin

Menerapkan kompres dingin ke area sekitar mata dapat membantu meredakan mata bengkak dengan cepat. Kompres dingin dimaksudkan untuk mengurangi pembengkakan.

Caranya, basahi waslap atau handuk kecil dengan air dingin lalu bungkus di sekitar mata yang bengkak selama beberapa menit. Saat diberi kompres dingin, mata bengkak biasanya akan hilang setelah beberapa saat.

Tambahkan bantal ke tempat tidur

Meletakkan bantal di bawah kepala kamu saat tidur dapat membantu mengurangi kemungkinan kamu terbangun dengan mata bengkak. Jika memungkinkan, tidurlah dengan beberapa bantal di leher kamu, karena kepala yang sedikit lebih tinggi memungkinkan retensi cairan yang lebih sedikit di bawah mata.

Kompres dengan teh

Kompres kantong teh, selain waslap dingin, dapat kamu gunakan untuk mengobati mata bengkak. Cukup basahi dua kantong teh dan masukkan ke dalam lemari es selama 15-20 menit.

Saat kantong teh sudah dingin, oleskan ke area mata selama 30 menit. Kandungan kafein teh, khususnya teh hitam, serta suhu dingin kantong teh, dapat membantu meredakan pembengkakan pada mata yang menyebabkan bengkak.

Mentimun

Saat mengoleskan masker wajah, irisan mentimun dingin sering berguna untuk menutupi area mata. Irisan mentimun bisa kamu gunakan untuk menghilangkan mata sembab setelah menangis.

Mentimun juga dapat meredakan pembengkakan mata. Ini sangat sederhana. Potong mentimun menjadi beberapa irisan dan letakkan di mata kamu selama beberapa menit.

Gunakan rol mata/eye roller

Rol mata dengan gel pendingin yang mengandung kafein. Ini memungkinkan roller mata untuk melakukan fungsi yang sama seperti kantong teh: meredakan mata bengkak sekaligus mendinginkan dan melembabkan mata.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit

Tips Pulihkan Energi dan Menghadapi Masa Sulit di Semester Akhir

19 Juni 2024 - 16:44 WIB

Tips Hadapi Seminar Magang Agar Berjalan Lancar dan Sukses

19 Juni 2024 - 16:30 WIB

Pemasaran sosial

Tips Networking Ini Bisa Mahasiswa Terapkan, Wajib Tahu!

18 Juni 2024 - 16:01 WIB

Tips Meningkatkan skill pengembangan

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Tips dan Trik