Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 20 Apr 2023 12:00 WIB ·

Cara Mengurangi Sakit Pinggang Saat Mudik


Img: pexels-sake-le Perbesar

Img: pexels-sake-le

Cara Mengurangi Sakit Pinggang Saat Mudik –Mudik merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahun oleh masyarakat rantau, yaitu pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, luasnya Indonesia membuat perjalanan terasa sangat jauh dan melelahkan. Kondisi yang sering terjadi adalah sakit pinggang. Hal ini terjadi karena kesalahan posisi duduk dalam waktu yang lama dan kurang bergerak selama perjalanan.

Nah, artikel kali ini akan memberi tips mengatasi sakit pinggang saat mudik lebaran. Yuk, simak sampai habis!

Cara Mengurangi Sakit Pinggang Saat Mudik

Ubah posisi duduk

Ketika sedang di perjalanan jauh, berdiam diri dalam posisi duduk dapat berisiko mengakibatkan sakit pinggang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu ubah posisi duduk selama beberapa waktu untuk mengurangi sakit pada pinggang. Selain itu, kamu juga bisa sembari melakukan peregangan pada kaki dan tangan untuk mengurangi ketegangan pada pinggang.

Perbanyak minum air

Walaupun kita hanya duduk diam dalam kendaraan, namun tetap membutuhkan hidrasi yang cukup. Pastikan air yang kamu minum cukup untuk menghidrasi tubuh kamu. Sebab hidrasi yang baik dapat meredakan sakit pinggang, sebaliknya jika kamu tidak menjaga hidrasi tubuh, maka sakit pinggang akan semakin memburuk. Yuk, minum air putih!

Mengelola stress

Pikiran terbukti sangat berpengaruh pada nyeri badan, termasuk pinggang. Kamu harus bisa menguasai cara mengelola stress dalam berbagai kesempatan, seperti saat dalam perjalanan jauh. Semakin baik dalam mengelola stress, maka sakit pinggang bisa semakin mereda. Tidak perlu ragu untuk meminta bantuan orang lain dalam mengelola stress. Buat perjalananmu terasa nyaman dan menyenangkan.

Lakukan peregangan

Cara ini dinilai ampuh dalam mengurangi sakit pinggang. Sebab peregangan dapat mengurangi sakit pinggang karena disebut dapat melemaskan otot yang tegang. Lakukan peregangan sederhana seperti pada leher dan punggung dengan gerakan membungkuk ke depan dan belakang.

Jika sakit pinggang tidak mereda dengan cara-cara di atas, segera konsultasi dengan dokter untuk hasil yang lebih baik. Obat yang diresepkan dokter harus kamu bawa untuk perjalanan mudik.

Kurangi beban barang

Membawa banyak barang dapat memperparah tekanan pinggang. Maka hindari membawa banyak barang saat mudik dengan kendaraan. Jika memang perlu membawa barang-barang tersebut, pastikan untuk mengangkatnya sedikit-sedikit agar tidak menambah beban berat pada pinggang.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit

Tips Pulihkan Energi dan Menghadapi Masa Sulit di Semester Akhir

19 Juni 2024 - 16:44 WIB

Tips Hadapi Seminar Magang Agar Berjalan Lancar dan Sukses

19 Juni 2024 - 16:30 WIB

Pemasaran sosial

Tips Networking Ini Bisa Mahasiswa Terapkan, Wajib Tahu!

18 Juni 2024 - 16:01 WIB

Tips Meningkatkan skill pengembangan

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Tips dan Trik