Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 23 Des 2022 12:28 WIB ·

Cara Perseverance Rover NASA Membangun Depot Sampel di Planet Mars


Img: Insight Mars/Net Perbesar

Img: Insight Mars/Net

Cara Perseverance Rover NASA Membangun Depot Sampel di Planet Mars –Perseverance Rover NASA akan segera mulai memindahkan deposit batuan pertamanya di Mars.

Rover akan menyimpan 10 tabung titanium tersegel yang berisi sampel Mars di “Three Forks” sebuah wilayah di Kawah Jezero, dalam 30 hari ke depan.

Bagaimana Cara Perseverance Rover NASA Membangun Depot Sampel di Planet Mars?

Perseverance Rover NASA akan segera mulai memindahkan deposit batuan pertamanya di Mars. Rover akan menyimpan 10 tabung titanium tersegel yang berisi sampel Mars di “Three Forks”. Sebuah wilayah di Kawah Jezero, dalam 30 hari ke depan.

Ini menandai tonggak militer penting bagi misi NASA-ESA untuk membawa sampel dari planet merah ke Bumi untuk analisis mendalam.

Rover telah mengumpulkan sampel duplikat Mars. Satu set akan menetap berada di area Tre Forchette, sedangkan yang lainnya akan tetap berada di perut Rover. Sebuah wadah yang tersimpan di dalam Rover untuk menjaga keamanan sampel.

Karena helikopter yang terlibat dalam pembuatan deposit hanya dapat berinteraksi dengan satu tabung uji pada satu waktu. Semua tabung uji yang tersegel tidak dapat tertumpuk di satu lokasi.

Mereka akan tersimpan di area Three Forks dengan pola zigzag, dengan jarak 16-49 kaki antara masing-masing juara.

Hal ini untuk memastikan helikopter penyelamat dapat mengambil sampel tanpa masalah, tanpa hambatan, dan tanpa mengganggu endapan lainnya.

Setiap posisi peluncuran tabung akan memiliki area operasional minimal 18 kaki.

Perseverance Rover akan menyelesaikan misi utamanya pada 6 Juni 2023.

Tim akan terus mengerjakan proses penyetoran koin dalam misi mendatang ini, yang akan mulai pada 7 Februari 2023.

Rover kemudian akan melanjutkan ke puncak kawah Jezero. Ia akan menggali massa dan material lain yang berkontribusi pada pembentukan delta kuno sungai.

Salah satu persyaratan utama untuk membangun deposit sampel di Mars adalah menemukan area yang relatif datar dan bebas batu di kawah Jezero di mana masing-masing dari sepuluh tabung dapat dipasang dengan aman.

Keberhasilan deposit sampel akan ditentukan oleh ketepatan penempatan tabung sampel, dan proses ini dapat memakan waktu lebih dari sebulan.

Tim akan memantau prosesnya, pertama-tama memeriksa gambar yang dikirim oleh Rover dan kemudian mengizinkan taruhan kedaluwarsa pada waktu yang terjadwal.

Ini juga akan membantu tim Pengembalian Sampel Mars dalam menentukan lokasi yang tepat dari tabung jika tertutup es atau salju sebelum kembali ke Bumi.

“Sampel untuk depot ini-dan duplikatnya disimpan di kapal Perseverance-merupakan contoh yang luar biasa dari area yang dieksplorasi selama misi utama,” kata Meenakshi Wadhwa, ilmuwan utama program Pengembalian Sampel Mars.

“Kami tidak hanya memiliki batuan beku dan sedimen yang telah tercatat, setidaknya dua dan mungkin empat atau bahkan lebih, gaya alterasi air yang berbeda, tetapi juga regolit, atmosfer, dan tabung saksi.”

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Manfaat Perpustakaan Digital Bagi Pendidikan

23 Februari 2024 - 23:14 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Beralih Ke Perpustakaan Digital

23 Februari 2024 - 21:04 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Mengenal Istilah Domain & URL serta Pentingnya Untuk Bisnis

21 Februari 2024 - 17:55 WIB

Apa itu Instrumen Utang? Pahami Jenis serta Contohnya

15 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti dengan Robot, Siap-Siap Ya!

9 Februari 2024 - 22:37 WIB

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti

Rekomendasi Tools AI Untuk Cek Grammar hingga Mencari Ide

9 Februari 2024 - 10:05 WIB

Rekomendasi Tools AI
Trending di Teknologi