Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 28 Mei 2022 13:00 WIB ·

5 Cara ‘Survive’di Perkuliahan, Maba Wajib Tahu Sebelum Menyesal!


Img: freepik.com Perbesar

Img: freepik.com

Sebagai mahasiswa baru atau maba, kita pasti mendapat banyak kesulitan terutama untuk beradaptasi dengan dunia perkuliahan. Selain jauh berbeda dengan kehidupan anak SMA atau sekolah-sekolah sebelumnya, dunia perkuliahan juga terlihat menyeramkan untuk sebagian besar mahasiswa baru. Hal itu tampak dari begitu banyak istilah-istilah dalam dunia perkuliahan yang cukup sulit untuk dipahami secara bebarengan. Selain itu, antara dunia perkuliahan dan kehidupan sekolah, terdapat suatu perbedaan atmosfer yang begitu besar. Karena itulah, kalian perlu mengetahui bagaimana cara ‘survive’ di tahun pertama perkuliahan. Nah, berikut adalah 5 cara survive di tahun pertama perkuliahan yang maba  wajib tahu!

 

1. Pilih teman yang memberi dampak positif

Seperti yang kita ketahui bersama, teman adalah cerminan dari diri kita yang berarti bahwa memilih teman sama artinya dengan memilih bagaimana hidup kita nantinya. Jika kalian memilih teman yang memberikan dampak negatif, maka perlahan kalian juga akan terseret ke dalam dunia yang negatif. Karena itulah penting untuk memilih teman yang memberikan dampak positif untuk diri kalian. Teman-teman yang baik itulah yang nantinya akan membantu kalian untuk survive di dunia perkuliahan apalagi pada tahun-tahun awal.

 

2. Beranikan diri membuka pertemanan secara luas

Networking memang begitu penting bagi masa depan. Karena itulah kita harus mencoba untuk membuka pertemanan secara luas. Ingat, tidak semua teman yang kamu dapatkan melalui usaha membuka pertemanan ini dapat kamu gunakan sebagai teman dekat. Kita bisa berteman dengan banyak orang, tetapi kita juga harus memilah mana yang bisa dijadikan teman dekat dan mana yang tidak.

 

3. Hadir dan ikuti kegiatan pengenalan kampus

Walaupun terselimuti rasa malas, wajib hukumnya untuk mengikuti tiap acara pengenalan kampus untuk kamu yang masih mahasiswa baru atau maba. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ini, kamu secara individu dapat mengenal bagaimana lingkungan kampus.

 

4. Pilih jalanmu sebagai tipe mahasiswa apa

Terdapat begitu banyak tipe mahasiswa dan yang paling sering kita jumpai adalah mahasiswa kupu-kupu dan mahasiswa kura-kura. Dari kedua jenis tersebut, kamu bisa memilih jalan mana yang sekiranya akan lebih kamu nikmati.

 

5. Atur waktu dan tentukan prioritas

Dalam masa transisi atau perpindahan antara masa sekolah dan perkuliahan pasti kamu merasakan adanya suatu perbedaan yang besar. Salah satunya adalah perbedaan waktu yang lebih menguras banyak waktu di perkuliahan. Karena itulah, wajar jika kalian para maba merasa ‘keteteran’ dengan hal ini. Nah, untuk mengatasi hal itu, kamu bisa mulai belajar membagi waktu dan menentukan prioritas kamu.

 

Nah, itulah 5 cara ‘survive’ di tahun pertama perkuliahan yang maba wajib tahu. Dari kelima hal tersebut, mana nih yang sudah kamu lakukan? Yuk, jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia agar tidak tertinggal informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 205 kali

Baca Lainnya

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah, Ini Penyebabnya!

1 Maret 2024 - 22:08 WIB

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan

Mengenal Istilah Silent Layoff, Istilah Yang Populer di Dunia Kerja

1 Maret 2024 - 21:28 WIB

Silent Layoff

Ide Ngabuburit Yang Cocok Dilakukan Saat Bulan Puasa

29 Februari 2024 - 21:08 WIB

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Ide ngabuburit

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi