Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 1 Mar 2023 18:19 WIB ·

Cara Tepat Back Up Data, Mahasiswa Wajib Tahu!


Img: Pexels/mikael-blomkvist Perbesar

Img: Pexels/mikael-blomkvist

Cara Tepat Back Up Data, Mahasiswa Wajib Tahu! –Kita pasti tidak nyaman kehilangan file di komputer kita. Apalagi jika datanya penting dan butuh waktu lama untuk mengumpulkannya. Akibatnya, kita harus mengerjakan ulang dari awal.

Kamu tentu tidak ingin hal itu terjadi pada dirimu, bukan? Untuk menghindarinya, buatlah backup secara teratur karena kamu tidak pernah tahu kapan file kamu akan hilang. Bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak metode berikut untuk mem-back up atau membuat cadangan file untuk menyelamatkan file kamu!

Cara Tepat Back Up Data, Mahasiswa Wajib Tahu!

Flash Disk

Jika kamu tidak memiliki hard drive eksternal, flash disk dapat kamu gunakan untuk backup offline. Perangkat penyimpanan ini memiliki kapasitas terbatas hingga 64 GB.

Akibatnya, kamu harus menentukan file mana yang benar-benar perlu untuk dimasukkan ke dalam flash disk. Keuntungan lainnya adalah lebih murah daripada hard drive eksternal. Namun, kemungkinan tertular virus sangat tinggi.

CD/DVD

Metode ini sedang dihapus, tetapi kamu masih dapat mencobanya. CD dan DVD (R dan RW) adalah cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data.

Tidak seperti hard drive dan flash disk, yang rentan terhadap kegagalan drive, CD dan DVD tidak. Namun, kamu harus bersabar saat mentransfer file ke dalamnya karena membutuhkan waktu lebih lama.

Cloud

Tentu saja, kamu sudah tidak asing lagi dengan empat layanan penyimpanan cloud paling populer di internet: Google Drive, OneDrive, iCloud, dan Dropbox. Keempatnya bebas berguna untuk backup data. Data kamu dapat terlindungi dan kamu akses dari perangkat apa pun dengan koneksi internet.

Kamu juga tidak perlu khawatir tentang kegagalan drive karena itu tidak akan terjadi. Namun, kamu harus memperhatikan batas penyimpanan yang dapat kamu akses.

Back up service lain di internet

Kamu juga dapat mencoba layanan pencadangan file online lainnya. Situs populer termasuk Backblaze, Acronis, Carbonite, OpenDrive, dan SOS. Pada umumnya, kamu harus membayar biaya langganan bulanan sekitar US$5 (sekitar Rp71 ribu).

Kerugian dari metode ini adalah kita tidak pernah tahu berapa lama perusahaan akan beroperasi. Mereka dapat berhenti kapan saja karena bangkrut atau alasan lainnya.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi