Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 2 Sep 2023 21:40 WIB ·

Cek Kualitas Udara Dengan 3 Aplikasi Ini, Pilih Yang Mana?


Img: Pixbay.com Perbesar

Img: Pixbay.com

ImPolusi udara belakangan ini khususnya di daerah jakarta dan sekitarnya semakin hari kian mengkhawatirkan. Bahkan, hingga minggu ini indeks kualitas udara masih dalam kategori tidak sehat. Indonesia sendiri saat ini berada di posisi kedua dunia dengan kualitas udara terburuk. Segala upaya telah di lakukan baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dengan menyiapkan transportasi masal seperti LRT baru-baru ini, melakukan uji emisi kendaraan, penerapan WFH dan lain sebagainya. Untuk mengetahui tingkat kualitas udara biasanya orang akan mencari beberapa berita terkait polusi udara apakah masih tidak sehat atau sebaliknya. Kini anda bisa cek kualitas udara dengan menggunakan 5 aplikasi yang bisa anda coba. Dari 5 aplikasi ini ada yang buatan lokal. Apa saja aplikasinya? Simak pembahasannya!

Cek Kualitas Udara dengan Aplikasi Nafas.

Aplikasi Pertama yang bisa anda coba adalah nafas. Aplikasi ini didirikan oleh piotr jakubowski seorang mantan Chief Marketing Officer Gojek Indonesia dan Nathan Roestandy.

Img: Google Play Store

Anda bisa mencoba dan mengunduh aplikasi ini. Rating aplikasi ini juga tergolong baik dan memori yang di butuhkan juga tidak besar yakni hanya 32 mb saja. Aplikasi ini didirikan pada tahun 2020. Kali ini saya akan mencoba aplikasi untuk melihat menunya seperti apa.

Cek Kualitas Udara

Img: Aplikasi Nafas

Pada gambar dalam aplikasi nafas ini terlihat kualitas udara yang ada di wilayah penyangga jakarta seperti depok khususnya daerah cinere ini tergolong tidak sehat. Jadi apakah anda tertarik menggunakan aplikasi ini?

IQAir AirVisual Kualitas Udara.

Tidak sedikit orang yang menjadikan aplikasi ini menjadi indikator baik buruknya kualitas udara. Tidak hanya meramal polusi udara di Indonesia, aplikasi ini juga meramal 10.000 kota yang ada di dunia. Semua yang ada di aplikasi di tampilkan dalam bentuk grafik yang menarik serta mudah di pahami.

Img: Aplikasi IQAir Visual

Pada gambar di atas merupakan sedikit penampakan pada aplikasi IQAir Air visual. Di sana terlihat nilai AQI lengkap dengan kategori dan cuaca saat ini. Aplikasi ini memiliki ukuran 2 mb. Lebih kecil dari aplikasi nafas.

Cek Kualitas Udara dengan BreezoMeter.

Cek kualitas udara aplikasi

Img: Aplikasi BreezoMeter

Aplikasi terakhir yang perlu di coba ialah BreezoMeter. Aplikasi ini mempergunakan kecerdasan buatan serta machine learning yang mana fungsinya memberitahu informasi mengenai kualitas polusi udara apakah aman atau sebaliknya. Selain itu, aplikasi ini juga memberi prediksi mengenai polusi udara dalam 5 hari kedepan.

Itulah pembahasan mengenai aplikasi cek polusi udara yang bisa anda coba. Kira-kira dari 3 aplikasi yang sudah di bahas di atas, anda mau pilih yang mana?

Komentar
Artikel ini telah dibaca 85 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi