Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 13 Sep 2022 10:54 WIB ·

Cermati 7 Hal ini Sebelum Membeli Laptop Bekas, Jangan Buru-buru!


img: pixabay.com/StockSnap Perbesar

img: pixabay.com/StockSnap

Kamu butuh laptop cepat, tapi dana cekak? Beli laptop bekas saja. Akan tetapi, jangan terlalu buru-buru beli! Cermati 7 hal ini sebelum membeli laptop bekas!

Cari Spesifikasi Laptop yang Ingin Kamu Beli

Hal pertama yang perlu kamu cari adalah spesifikasinya.

Melansir dari Make Tech Easier, saat tengah mencari spesifikasinya, ingat-ingat piranti lunak (software) yang akan kamu gunakan pada laptop bekasmu, seberapa sering kamu akan memakai laptopmu, dan portabilitas laptop tersebut. Teruslah gali hingga ke forum-forum daring untuk melihat berbagai ulasan.

Nah, jika kamu sudah menemukan tipe laptop yang akan kamu boyong ke rumah, jangan ragu untuk memfotonya hingga mencetak spesifikasinya agar kamu semakin mudah mencari laptop bekas tersebut.

Cari Tahu Pasaran Harga

Selanjutnya, kamu bisa mencari dulu harga laptop baru tersebut dari situs atau toko fisik resmi agar mendapatkan sedikit bayangan.

Tidak menutup kemungkinan jika harga laptop bekasnya dipatok mahal atau beda tipis dengan yang baru. Lebih baik beli yang baru sekalian, kan? Lagi pula laptop baru juga masih mendapatkan garansi resmi dan layanan purna jual. Sekali lagi, pilihan ada padamu.

Memeriksa Kondisi Fisiknya

Hal terpenting selanjutnya adalah memeriksa kondisi laptop tersebut.

Periksa apakah ada kerusakan, baretan, mur yang lepas, atau goresan halus pada bodi laptop bekas tersebut. Nyalakan lagu kesukaanmu dan cek kinerja speaker-nya. Lalu, tes monitornya, apakah ada dead pixel? Gadget Value menyarankan software Dead Pixel Buddy” untuk memeriksa dead pixel pada monitor laptop itu.

Kemudian cek tuts keyboard dan kinerja trackpad pada laptop bekas tersebut. Ini penting, karena kedua fitur tersebut yang sering digunakan. Cek fungsi webcam pada laptop bekas itu, apakah memancarkan wajahmu, atau malah blur. Jangan lupa jajal port USB dan lihat apakah laptop bekas tersebut cepat dalam loading USB-nya.

Nah, dia 3 hal yang perlu kamu cermati sebelum membeli laptop bekas. Agar tidak menyesal, sebelum memboyong laptop bekas, pastikan hal-hal ini tidak terlewatkan, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi penting mengenai teknologi lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi