Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 11 Jan 2023 14:16 WIB ·

Cicipi 4 Kuliner Khas Ambon Berbahan Kacang Kenari


Img: Pexels/Kafeel-Ahmed Perbesar

Img: Pexels/Kafeel-Ahmed

Cicipi 4 Kuliner Khas Ambon Berbahan Kacang Kenari —Ketika kamu bepergian ke Ambon, Provinsi Maluku, bisa jadi cukup membosankan jika hanya tinggal di tempat yang berada dalam waktu transit 2-3 jam saja. Alangkah baiknya berburu kuliner di sekitar bandara Pattimura sebagai oleh-oleh saat transit di Kota Ambon.

Cicipi 4 Kuliner Khas Ambon Berbahan Kacang Kenari

Bagea Kenari

Roti dan bagea ternyata memiliki perbedaan. Meski sama-sama terbuat dari kacang kenari dan kue kering, adonan bagea terbuat dari sagu. Sagu berpadu dengan telur, garam, dan potongan kenari. Ukuran bagea lebih besar dari roti kenari. Bentuknya lonjong dan penuh.

Bagea biasanya disantap dengan teh atau kopi, menurut Fitri, penjual cinderamata di stan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Ambon. Bagea harganya sama dengan kue kenari yaitu Rp 55.000 per 200 gram.

Halua Kenari

Kenari halua menjadi pilihan lain untuk camilan dengan kemasan yang lebih ringkas. Ampyang Ambon adalah halua kenari.

Kue ini dibuat dengan gula aren dan kacang kenari yang telah diremas menjadi bentuk bulat. Ukurannya kecil, kira-kira seukuran kelereng. “Ini favorit turis,” kata Fitri pada Rabu, 14 Maret 2018. Harga kenari halua kurang lebih Rp 40.000 per kotak.

Sarut Kenari

Kue ini merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat Maluku. Bentuknya menyerupai bagea tetapi ukurannya lebih kecil. Karena olahannya dimaniskan dengan gula aren, rasanya manis. Saat bahan utama kue ini yaitu kacang kenari yang kamu Cicipi akan memberikan sensasi renyah.

Sarut kenari, seperti camilan olahan kenari lainnya, cocok untuk berbagi dengan teman sambil minum teh atau kopi. Sarut kacang kenari harganya Rp 55.000 per 200 gram. Alhasil, oleh-oleh khas Ambon ini layak kamu jadikan oleh-oleh.

Roti Kenari

Kue ini merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat Maluku. Bentuknya menyerupai bagea tetapi ukurannya lebih kecil. Karena olahannya dimaniskan dengan gula aren, rasanya manis. Saat bahan utama kue ini yaitu kacang kenari yang kita cicipi akan memberikan sensasi renyah.

Kenari abon, seperti camilan olahan kenari lainnya, cocok untuk berbagi dengan teman sambil minum teh atau kopi. Kacang kenari abon harganya Rp 55.000 per 200 gram. Alhasil, oleh-oleh khas Ambon layak kamu jadikan oleh-oleh ketika kamu berkunjung ke sana.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 97 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner