Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 24 Nov 2023 19:37 WIB ·

Coaching Adalah Aktivitas Pelatihan Ketahui Bedanya Dengan Mentoring


Ilustrasi Dosen Pembimbing (img: pexels.com by cottonbro studio) Perbesar

Ilustrasi Dosen Pembimbing (img: pexels.com by cottonbro studio)

Coaching adalah suatu pendekatan yang semakin populer dalam pengembangan diri dan pembinaan sumber daya manusia di berbagai bidang. Pelatihan tidak hanya memainkan peran penting dalam dunia bisnis, tetapi juga di terapkan dalam konteks pendidikan, olahraga, dan kehidupan pribadi. Artikel ini akan membahas apa itu pelatihan, tujuan dari praktik ini, dan perbedaannya dengan mentoring.

Coaching adalah

Coaching adalah

Ilustrasi pelatihan (img: pexels.com by cottonbro studio)

Suatu proses di mana seorang individu, yang disebut sebagai coach, memberikan bimbingan dan dukungan kepada seseorang, yang disebut sebagai coachee, untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan utama dari pelatihan adalah membantu coachee mengidentifikasi dan mencapai potensinya secara maksimal. Proses pelatihan melibatkan dialog terbuka, pertanyaan reflektif, dan peningkatan keterampilan melalui umpan balik konstruktif.

Tujuan Coaching Adalah

Adapun pelatihan memiliki beberapa tujuan yang perlu anda ketahui di bawah ini.

Untuk Meningkatkan Keterampilan

Coaching adalah

Ilustrasi Coaching (img: pexels.com by starup)

Pertama, mengikuti pelatihan dapat membantu coachee mengembangkan keterampilan tertentu yang di perlukan untuk mencapai tujuan mereka, baik itu di bidang profesional, pribadi, atau akademis.

Peningkatan Kinerja

Coaching adalah

Ilustrasi Pelatihan (img: pexels.com bt karolina grabowska)

Selanjutnya, Coaching dapat di fokuskan pada peningkatan kinerja individu di tempat kerja. Hal ini mencakup peningkatan keahlian, peningkatan manajemen waktu, hinggga kemampuan memecahkan masalah.

Pengembangan Potensi

Ilustrasi Pelatihan (img: pexels.com by mikael blomkvist)

Sementara itu, Coaching bertujuan untuk membantu anda meraih potensi penuh mereka. Hal ini melibatkan pembukaan wawasan diri, pengelolaan emosi, dan peningkatan kepercayaan diri.

Sebagai Penyusunan Tujuan

Ilustrasi Pelatihan (img: pexels.com by cottonbro studio)

Terakhir proses coaching dapat membantu anda untuk merumuskan dan menyusun berbagai tujuan yang jelas dan terukur untuk masa depan mereka.

Perbedaan antara Coaching dan Mentoring

 

Meskipun coaching dan mentoring sering kali di gunakan secara bergantian, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Mentoring melibatkan hubungan yang lebih panjang, di mana seorang mentor (yang biasanya memiliki pengalaman lebih lama) memberikan panduan kepada seseorang yang lebih muda atau kurang berpengalaman. Di sisi lain, coaching bersifat lebih fokus dan terstruktur, dengan tujuan-tujuan yang jelas dan waktu yang mungkin lebih singkat.

Sementara mentor dapat memberikan nasihat berdasarkan pengalaman pribadi mereka, seorang coach lebih cenderung menggunakan pertanyaan-pertanyaan reflektif untuk membantu coachee menemukan jawaban mereka sendiri. Pelatihan lebih menekankan pada pengembangan keterampilan dan pencapaian tujuan spesifik, sementara mentoring lebih menekankan pada pembangunan hubungan dan pemahaman lintas-generasi.

Dengan demikian, meskipun pelatihan dan mentoring memiliki tujuan bersama untuk membantu perkembangan individu, pendekatan dan fokus keduanya dapat bervariasi tergantung pada konteks dan kebutuhan individu yang di libatkan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 58 kali

Baca Lainnya

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game

Tanda Orang Yang Punya Mental Juara, Kamu Salah Satunya?

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Trending di Edukasi