Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 15 Okt 2023 20:35 WIB ·

Culture Shock Kerap Terjadi Pada Maba, Ini Tips Mencegahnya!


Ilustrasi Culture Shock (Img: unusa.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Culture Shock (Img: unusa.ac.id)

Setiap tahunnya, perguruan tinggi menerima setidaknya seribu mahasiswa baru sekaligus mengawali perjalanan barunya di dunia kampus. Tidak sedikit ekspektasi dan harapannya ketika kuliah, namun tantangan yang di hadapi juga tidak terlalu berat. Salah satu tantangan yang sering kali terjadi khususnya pada mahasiswa baru ialah geger budaya atau culture shock.Dalam pengertiannya, geger budaya ialah sebuah fenomena yang sering terjadi ketika pindah dari satu lingkungan ke lingkungan lain. Ini lebih sering terjadi apabila anda merasa kurang nyaman dengan lingkungan barunya.

Orang yang mengalami geger budaya ini di tandai oleh perasaan cemas, frustasi sampai bingung. Hal ini di karenakan, orang tersebut tidak terbiasa dengan lingkungan baru yang sangat berbeda dengan lingkungan sebelumnya. Namun jangan khawatir, dalam pembahasan ini akan membahas beberapa cara dalam menghindari culture shock pada mahasiswa baru.

Atasi Culture Shock dengan Memahami Komunikasi dan Bahasa.

Culture Shock

Ilustrasi Komunikasi (Img: pexels.com by helena lopes)

Gaya komunikasi dan bahasa antara di lingkungan sekolah dengan lingkungan kampus jelas sangat berbeda. Hal ini bisa menjadi permasalahan bagi anda apabila tidak memahami komunikasi dan bahasa yang ada di lingkungan kampus. Maka dari itu, cobalah untuk memahami gaya bahasa yang di gunakan pada lingkungan kampus. Selain itu, mengikuti kegiatan kampus serta berinteraksi dengan warga sekitar kampus juga membantu anda dalam meningkatkan kemampuan komunikasi.

Menjelajahi Lingkungan Yang Baru.

Ilustrasi lingkungan kampus (img: pexels.com by max fishcer)

Geger budaya akan terus menghantui anda apabila tidak memahami lingkungan kampusnya. Cobalah anda banyak menelusuri beberapa tempat seperti perpustakaan, warung, dan tempat lainnya agar dapat memudahkan anda agar lebih cepat akrab dengan lingkungan baru anda di kampus serta mengurangi rasa kesepian.

Atasi Culture Shock dengan Mencoba Open Minded.

Ilustrasi Open Minded (Img: pexels.com by shvets production)

Dalam menghadapi geger budaya bisa di lakukan dengan mencoba untuk berpikir terbuka. Hal ini bertujuan agar anda memiliki pandangan yang luas terkait dengan lingkungan kampusnya. Selain itu, juga bermanfaat dalam menghadapi perbedaan budaya.

Memahami Norma serta Nilai Budaya.

Ilustrasi Norma (Img: uma.ac.id)

Dengan memahami norma dan nilai budata yang ada di dalam kampus, anda akan terhindar dari kesalahpahaman ketika berinteraksi akibat perbedaan budaya. Aktif berkomunikasi dengan mahasiswa senior menjadi salah satu cara agar daoat memahami norma dan nilai budaya di kampus.

Itulah pembahasan mengenai tips menghindari geger budaya. Semoga ini bisa membantu anak maba dalam menghadapi perbedaan budaya. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa lingkungan sekolah dengan lingkungan kampus sangat berbeda dari sisi bahasa dan gaya komunikasi.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik