Customer Relation Officer: Job Desc hingga Skill yang Dibutuhkan –Pernah dengar tentang profesi customer relation officer? Peran customer relation officer adalah menjaga hubungan klien dengan perusahaan. Tanggung jawab mereka biasanya seperti bertemu langsung dengan pelanggan dan berkomunikasi dengan mereka melalui email atau telepon.
Customer Relation Officer: Job Desc hingga Skill yang Dibutuhkan
Jadi, apakah kamu tertarik dengan profesi ini tetapi tidak yakin dengan tugas dan keterampilan yang dibutuhkan? Tenang, kamu bisa baca artikel ini untuk mengetahui hal-hal tentang profesi ini. Yuk, simak sampai habis!
Apa itu customer relation officer?
Sebagai customer relation officer, mereka bertugas menindaklanjuti pelanggan yang telah membeli atau menggunakan layanan perusahaan. Tindak lanjut ini berupaya menjaga hubungan dengan klien agar dapat memberikan kepuasan.
Sebaliknya, petugas tidak sama dengan customer service. Jika customer service lebih mementingkan penanganan keluhan pelanggan. Sementara itu, customer relations officer berfokus untuk menjaga hubungan positif dengan pelanggan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Manfaat customer relation officer bagi perusahaan
Petugas akan menguntungkan perusahaan jika dia berkinerja baik. Apa saja manfaat profesi ini untuk perusahaan?
- Meningkatkan loyalitas konsumen/calon konsumen melalui penyediaan produk dan layanan yang baik.
- Jika pelanggan puas dengan layanan saat ini, dapat menghadirkan retensi pelanggan atau pembelian ulang produk atau layanan.
- Meningkatkan kepuasan pelanggan; ketika pelanggan puas, mereka lebih cenderung melakukan promosi gratis untuk orang lain, menarik pelanggan baru.
Job desc
Petugas bertanggung jawab atas berbagai tugas. Hal ini bertujuan untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya dan memberikan hasil yang positif. Apa saja ya?
- Menguasai informasi atau pengetahuan perusahaan sehingga ketika ada pertanyaan tentang perusahaan atau produk/jasanya dapat memberikan penjelasan secara menyeluruh.
- Jadikan diri kamu penghubung pelanggan dengan layanan pelanggan dan/atau penjualan sehingga mereka dapat berkolaborasi secara efektif untuk kepuasan pelanggan.
- Melakukan uji coba transaksi produk/layanan untuk lebih memahami pengalaman pelanggan saat menggunakan atau membeli produk nantinya.
- Tindak lanjut untuk memperbaiki produk atau layanan yang menerima keluhan, kemudian melaporkannya ke tim yang tepat.
- Tindak lanjuti dengan pelanggan pasif untuk mendorong mereka menjadi lebih aktif dan mengembangkan hubungan yang positif.
Skill yang harus kamu miliki
Tugas atau tanggung jawab customer relation officer tidaklah sederhana. Sebab, kamu akan berinteraksi dengan beragam orang. Oleh karena itu, petugas harus memiliki keterampilan tertentu. Berikut keterampilan yang harus kamu miliki:
- Memiliki keterampilan negosiasi yang kuat.
- Memiliki keterampilan memecahkan masalah.
- Mampu mengoperasikan komputer.
- Memiliki perhatian yang kuat terhadap detail.
- Bisa ramah dan stabil secara emosional
Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!