Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 11 Des 2023 06:36 WIB ·

CV ATS Friendly, Ini Tips Membuatnya Agar Lolos Magang


Ilustrasi CV (img: pixabay.com) Perbesar

Ilustrasi CV (img: pixabay.com)

Mahasiswa yang sedang mencari kesempatan magang perlu memahami betapa pentingnya menyusun Curriculum Vitae (CV) yang dapat diterima dengan baik oleh sistem ATS (Applicant Tracking System). ATS merupakan suatu sistem otomatis yang di gunakan oleh perusahaan untuk menyaring dan mengelola pelamar kerja. Oleh karena itu, agar CV mahasiswa magang dapat di terima dengan baik oleh ATS, berikut adalah beberapa tips yang perlu di perhatikan pada membuat CV ATS Friendly :

Gunakan Format Tepat

Cv Ats Friendly

Ilustrasi CV (img: pixabay.com)

Pertama-tama, pastikan CV kamu memiliki format yang jelas dan terstruktur dengan baik. Gunakan heading untuk setiap bagian seperti “Pendidikan,” “Pengalaman Kerja,” dan “Keterampilan.” Hindari penggunaan tabel, grafik, atau kolom ganda, karena ATS mungkin kesulitan membacanya.

Gunakan Kata Kunci yang Tepat pada CV ATS Friendly

Cv ats friendly

Ilustrasi Resume (ing: pexels.com by cottonbro studio)

Sistem ATS bekerja berdasarkan pencarian kata kunci. Identifikasi kata kunci yang relevan dengan pekerjaan magang yang kamu lamar. Gunakan kata-kata tersebut secara alami dalam CV kamu, terutama dalam bagian ringkasan, keterampilan, dan pengalaman.

Buat Ringkasan Profesional Menarik pada CV ATS Friendly

Cv ats friendly

Ilustrasi Resume (img: pexels.com by cottonbro studio)

Buat ringkasan profesional yang menarik di bagian atas CV kamu. Jelaskan secara singkat tentang diri kamu, tujuan magang, dan keterampilan yang kamu miliki. Pastikan ringkasan tersebut mencakup kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu incar.

Masukan Highlight Pendidikan Terkait di CV ATS Friendly

Ilustrasi Resume (img: pixabay.com)

Bagi seorang mahasiswa, pendidikan menjadi salah satu fokus utama. Pastikan untuk menonjolkan informasi pendidikan kamu, termasuk universitas, jurusan, dan tahun kelulusan. Sebutkan juga prestasi akademis yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Rinci Pengalaman Magang atau Pekerjaan

Ilustrasi Resume (img: unsplash.com)

Jika kamu memiliki pengalaman magang atau pekerjaan sebelumnya, rincikan dengan jelas tanggung jawab dan pencapaian kamu. Gunakan bullet point untuk membuatnya lebih mudah di baca. Sertakan juga nama perusahaan, lokasi, dan periode kerja.

Keterampilan yang Relevan

 

Tunjukkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Ini dapat mencakup keterampilan teknis, bahasa, atau keterampilan interpersonal. Pastikan untuk menempatkan keterampilan yang paling relevan di bagian atas.

Tautkan Link ke Profil LinkedIn

Ilustrasi Profil Linkedin (img: unsplash.com)

Jika kamu memiliki profil LinkedIn yang terisi dengan baik atau portofolio online, sertakan link-nya di CV. Ini dapat memberikan gambaran lebih lengkap tentang kemampuan dan pengalaman kamu.

Hindari Penggunaan Grafik dan Gambar

Sistem ATS tidak dapat membaca gambar atau grafik. Hindari menggunakan elemen-elemen ini di CV kamu, agar informasi kamu tidak terlewat oleh sistem.

Periksa Kembali Tautan dan Konten

Telkom Indonesia

Ilustrasi Short Link (img: unsplash.com)

Pastikan semua tautan dan konten dalam CV kamu berfungsi dengan baik. Tautan yang rusak atau informasi yang salah dapat membuat keseluruhan aplikasi kamu terabaikan.

Revisi dan Perbarui Secara Berkala

Ilustrasi Revisi (img: pexels.com by judit peter)

Terakhir, revisi dan perbarui CV kamu secara berkala sesuai dengan perkembangan keterampilan dan pengalaman kamu. Pastikan CV kamu tetap relevan dengan pekerjaan yang kamu incar.

 

Dengan mengikuti tips di atas, mahasiswa magang dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima oleh ATS dan mendapatkan kesempatan magang yang di inginkan. Ingatlah untuk tetap jujur dan autentik dalam menyajikan diri, karena itu juga merupakan nilai tambah yang dihargai oleh perusahaan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 49 kali

Baca Lainnya

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran

Tips Membalas Email Panggilan Interview dengan Profesionalisme

3 Mei 2024 - 21:41 WIB

Tips Membalas Email

Cara Mudah Bermain Catur bagi Pemula

1 Mei 2024 - 21:09 WIB

Cara Mudah Bermain Catur
Trending di Tips dan Trik