Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 6 Mar 2023 12:00 WIB ·

Daftar Kuliner Lampung yang Wajib Dicoba!


Img: Instagram/@rasasayange Perbesar

Img: Instagram/@rasasayange

Daftar Kuliner Lampung yang Wajib Dicoba! —Jika kamu menyukai masakan Indonesia, jangan lewatkan makanan khas Lampung. Kawasan yang terkenal dengan Taman Nasional Way Kambas ini memiliki kuliner khas yang tidak boleh kamu lewatkan. Selain keripik pisang sebagai oleh-oleh, ada baiknya juga mencoba makanan khas setempat.

Daftar Kuliner Lampung yang Wajib Dicoba!

Banyak makanan khas Lampung yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota ini, antara lain:

Gulai Taboh

Tuna dan tongkol adalah dua jenis ikan yang biasa digunakan dalam gulai taboh. Namun gulai taboh memiliki rasa yang mirip dengan sayur lodeh, namun lebih gurih dan berbumbu.

Lampung terkenal dengan dua jenis gulai taboh. Pertama, gulai taboh dengan bahan utama ikan laut, sayuran, kacang panjang, dan rebung. Kedua, gulai taboh yang terbuat dari ikan sungai dan tuba atau kluwek.

Tempoyak

Tempoyak dalam arti luas adalah hasil fermentasi buah durian yang mereka olah menjadi sejenis saus atau pelengkap makanan.

Selain di Lampung, tempoyak banyak menjadi bumbu masakan di beberapa provinsi Indonesia lainnya, antara lain Palembang, Jambi, dan lain-lain.

Pembuatan tempoyak awalnya dengan pemasakan daging durian. Daging buah durian yang telah berada di wadah kemudian bumbui dengan garam atau ragi.

Banyaknya garam yang digunakan mempengaruhi jenis tempoyak yang dihasilkan, bisa asam atau asin. Penting untuk dipahami bahwa tempoyak ditempatkan dalam wadah tertutup atau disimpan dalam lemari es untuk mempercepat proses fermentasi.

Proses fermentasi mengubah cita rasa alami bahan menjadi cita rasa khas tempoyak yang memiliki sedikit aroma durian dan sedikit rasa asam.

Setelah selesai fermentasi, kamu bisa menambahkan ikan teri, ikan mujair, ikan mas, dan ikan lainnya.

Engkak

Sepintas mirip dengan kue lapis legit, tapi engkak adalah makanan khas Lampung lho!

Engkak memiliki tekstur yang lebih lembut dan tahan lama. Engkak memiliki rasa yang manis dan gurih. Kue Engkak biasanya untuk sarapan atau sebagai cemilan pagi. Bahan untuk membuat engkak sebenarnya cukup sederhana.

Kue Engkak terbuat dari telur dan mentega. Namun karena dipanggang berlapis-lapis di atas loyang, waktu memasaknya cukup lama.

Maka tidak heran jika engkak memiliki tekstur yang lebih lembut dan lebih tahan lama daripada kue lapis legit.

Pisro

Pisro adalah sejenis ikan bakar. Ikan tembak atau ikan betok yang biasa mereka gunakan. Hidangan Lampung ini enak, karena tekstur daging ikan yang tebal dan padat.

Pisro terbuat dengan berbagai bumbu yang menggugah selera, cabai merah untuk membuatnya pedas, tambahan gula aren yang manis, dan kuah yang kental menggugah selera.

Pisro juga ada tambahan sayuran sebagai pelengkap. Enak banget kalau kamu santap dengan nasi putih hangat!

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 68 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner