Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Inspirasi · 26 Sep 2022 13:44 WIB ·

Daftar Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!


img: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasar Perbesar

img: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasar

Dari sekian jajaran nama pengusaha yang masuk ke dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes, ternyata terselip beberapa nama pengusaha muslim, lho! Forbes mencatat setidaknya ada 22 miliarder yang masuk ke dalam daftar pengusaha muslim terkaya.

Penasaran siapa saja? Yu, simak sampai akhir!

1. Aliko Dangote

Mengutip Forbes Real-Time Billionaires, kekayaan Aliko per Rabu (21/9/2022) sebesar 12,2 miliar dolar AS atau setara Rp183 triliun (kurs Rp15.010). Ia juga berada di peringkat 146 orang terkaya dunia.

Pria berkebangsaan Nigeria ini merupakan CEO dari Dangote Group, perusahaan yang bergerak di bidang industri semen, pemrosesan makanan, pupuk, bahkan kilang minyak.

Salah satu sumber kekayaan terbesarnya, berasal dari Dangote Cement yang menjadi perusahaan semen terbesar di Afrika. Bisnis ini berhasil menguasai pasar hingga mencapai 85 persen dengan total produksi 48,6 juta ton semen per tahun.

2. Shahid Khan

Shahid Khan merupakan pengusaha muslim yang memiliki kekayaan sebesar 11,3 miliar dolar AS atau setara Rp169 triliun. Peringkatnya sebagai orang terkaya dunia bahkan naik dari 313 ke 163 per Rabu (21/9).

Pengusaha keturunan Amerika-Pakistan ini merupakan insinyur yang kini memiliki pabrik bumper truk dengan total pekerja sebanyak 26 ribu orang. Ia juga memiliki klub American Football, Jacksonville Jaguars NFL yang dibeli pada 2012 lalu. Setahun setelahnya, ia kembali kembali sebuah klub Liga Inggris, Fulham F.C.

3. Azim Premji

Pengusaha muslim asal Gujarat, India ini merupakan pendiri perusahaan software Wipro. Perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan software terbesar di India bahkan memiliki innovation centre di Silicon Valley dan fokus pada pengembangan teknologi baru.

Kekayaan pria yang pernah menjadi mahasiswa drop out dari Stanford University ini ditaksir mencapai 9,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp138 triliun. Ia juga berhasil menduduki peringkat orang terkaya ke 207 dunia.

4. Chairul Tanjung

Pria yang akrab dengan julukan “Anak Singkong” ini menjadi salah satu pengusaha muslim terkaya dunia. Kekayaan yang dimilikinya diperkirakan hingga 5,6 miliar dolar AS atau sebesar Rp84 triliun. Saat ini, ia menjadi orang terkaya ke-447 di dunia. Peringkatnya turun cukup jauh dari yang sebelumnya di posisi ke-263.

Sumber kekayaannya berasal dari holding company yang dipimpinnya, yakni CT Corp. Perusahaan induk tersebut menaungi berbagai macam jenis usaha mulai dari keuangan, media, ritel, perhotelan, properti, makanan dan minuman, hingga fesyen.

Nah, itu dia daftar 4 pengusaha muslim terkaya di dunia. Sangat menginspirasi, bukan?

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 55 kali

Baca Lainnya

Dari Komedian Jadi Sutradara Gemilang, Inilah Kisah Sukses Jordan Peele

10 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Jordan Peele

Habis Gajian? 4 Buku Keuangan yang Membantu Pengeluaranmu!

9 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Buku Keuangan

Menembus Atmosfer, Kisah Inspiratif di Balik Penemu Roket

7 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Penemu Roket

Sukseskan Perayaan 17 Agustus dengan 5 Lomba Kreatif!

3 Agustus 2023 - 15:00 WIB

Lomba Kemerdekaan Indonesia

Meneladani Semangat 4 Tokoh Inspiratif yang Tak Kenal Menyerah

1 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Tokoh Inspiratif Tak Kenal Menyerah

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris

9 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris
Trending di Inspirasi