Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 15 Feb 2024 20:36 WIB ·

Definisi Mencangkok Tanaman dan Langkah-Langkahnya


Ilustrasi Menanam Tumbuhan (img: pixabay.com) Perbesar

Ilustrasi Menanam Tumbuhan (img: pixabay.com)

Dalam upaya memperoleh hasil pertanian yang berkualitas, ada metode yang umum dikenal sebagai mencangkok tanaman yang perlu dilakukan. Mencangkok tanaman adalah teknik reproduksi vegetatif buatan yang bertujuan untuk menghasilkan tanaman dengan karakteristik serupa atau bahkan lebih baik dari tanaman induknya. Berikut ini akan menjelaskan seputar definisi mencangkok tanaman, tata cara dan manfaatnya.

Definisi Mencangkok Tanaman

Definisi Mencangkok Tanaman

Ilustrasi Menanam Tumbuhan (img: pixabay.com)

Mencangkok tanaman merupakan proses yang relatif sederhana dan bisa di lakukan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang pertanian, asalkan memahami langkah-langkah yang di perlukan.

Tata Cara Mencangkok Tanaman

Ilustrasi Menanam Bibit Tanaman (img: pixabay.com)

  • Pilih Tanaman Induk

Pilih tanaman induk yang berkualitas tinggi untuk di cangkok, karena kualitas hasil akhir sangat bergantung pada kualitas tanaman induknya.

  • Pilih Batang Tanaman Lurus

Pilih ranting atau batang tanaman yang lurus dan sehat. Batang yang tidak terlalu tua atau terlalu muda lebih baik di pilih, serta pastikan batang mendapat sinar matahari yang cukup untuk mendukung proses fotosintesis.

  • Kupas Kulit Batang Tanaman

Kulit kayu pada batang perlu di kupas sepanjang 5 cm agar proses mencangkok berjalan lancar. Pastikan batang sudah bersih dari kulit kayu yang terkelupas.

  • Bersihkan Kambium

Bersihkan kambium di sekitar batang dengan pisau. Pastikan batang terasa halus saat di sentuh, menandakan bahwa kambium sudah di bersihkan.

  • Biarkan Batang Tanaman

Biarkan batang yang sudah dikupas selama satu hari agar kering dan lebih tahan terhadap penyakit serta jamur. Pastikan batang sudah bersih dari kambium untuk memastikan hasil mencangkok yang optimal.

  • Tutup Batang Tanaman

Bungkus batang dengan plastik atau sabut kelapa, kemudian isi dengan tanah subur. Pastikan pembungkusan rapat dan menyerupai kapsul untuk menjaga kelembaban dan kestabilan lingkungan bagi pertumbuhan akar.

  • Siram Secara Rutin

Lakukan penyiraman secara rutin untuk menjaga kelembaban tanah dan menyediakan asupan air yang cukup. Jangan biarkan tanah mengering karena hal ini dapat menghambat pertumbuhan akar. Pupuk juga dapat di tambahkan untuk meningkatkan kesuburan tanah.

  • Menunggu Akar Hingga Tumbuh Berlembang

Tunggu hingga akar tumbuh dari batang yang di bungkus. Tanda keberhasilan mencangkok adalah munculnya akar berwarna coklat dari pembungkus. Setelah itu, batang hasil mencangkokan sudah siap untuk dipotong dan di semai.

Bagaimana Manfaatnya?

Ilustrasi Menyiram Tumbuhan (img: pixabay.com)

Definisi mencangkok tanaman merupakan cara yang efektif untuk mempercepat produksi buah dan bunga berkualitas tinggi. Selain itu, penggabungan dua tanaman menjadi satu juga meningkatkan kekuatan dan ketahanan terhadap penyakit dan jamur. Meskipun demikian, ada beberapa kekurangan yang perlu di perhatikan dalam mencangkok tanaman.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Tips Mengembalikan Semangat Belajar yang Sempat Menurun

25 April 2024 - 20:54 WIB

Ide ngabuburit

Tips Mengembalikan Semangat Kerja Yang Sempat Hilang

25 April 2024 - 20:13 WIB

Tips Mengembalikan Semangat Kerja

Tips Menggunakan Whatsapp Web di Handphone Android

23 April 2024 - 21:42 WIB

Tips Menggunakan Whatsapp Web

Tips Mengosongkan Memori IPhone Tanpa Hapus Gallery

21 April 2024 - 21:21 WIB

Tips Menggunakan Google Maps Dengan Benar, Anti Nyasar!

20 April 2024 - 22:06 WIB

Tips Memilih Smartphone dengan Kamera Bagus Harga Terjangkau

19 April 2024 - 21:12 WIB

Trending di Tips dan Trik