Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 20 Mei 2022 23:08 WIB ·

Perhatikan 4 Etika Berfoto di Tempat Wisata, Jangan Asal Jepret!


Img: Pexels/ David Gonzales Perbesar

Img: Pexels/ David Gonzales

Akhir-akhir ini kita dikejutkan oleh orang-orang yang mengambil foto hingga merusak tempat wisata atau secara tidak langsung membunuh lumba-lumba karena terlalu lama berada di luar air karena orang-orang yang berebut foto dengannya. Ini terjadi karena kurangnya pengetahuan etika berfoto.

Saat berkunjung ke suatu destinasi wisata, kurang enak rasanya jika pengunjung tidak berfoto-foto. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berfoto, terutama jika kamu sedang berada di sebuah destinasi wisata.

Ada pepatah mengatakan “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”. Sebagai tamu, tentu kamu juga harus memahami tata krama dan aturan di setiap lokasi yang kamu kunjungi. Oleh karena itu, kami akan membagikan 5 aturan saat berfoto di tempat wisata. Supaya kamu tidak hanya sekedar berfoto tapi juga bersahabat dengan lingkungan sekitar, oke?

Perhatikan aturan tempat wisata

Ada banyak tempat wisata yang memberikan informasi tentang cara berwisata di destinasi liburan tersebut. Biasanya terdapat di pintu masuk atau di dalam tempat wisata. Namun, orang Indonesia memiliki kecenderungan untuk mengabaikan aturan.

Seperti yang kita tahu, tidak semua tempat mengizinkan pengunjung untuk mengambil foto. Alhasil, kamu harus senantiasa memantau lingkungan sekitar, terlepas dari apakah lokasi tersebut dijadikan sebagai background untuk selfie atau tidak. Caranya adalah dengan mencari informasi pada petugas atau bertanya kepada warga sekitar tentang tempat tujuan.

Hindari minta orang asing untuk mengambil gambar kamu

Sebaiknya kamu mencari petugas untuk membantu mengambil foto di tempat wisata, karena orang sembarangan juga bisa jadi wisatawan. Tidak etis meminta foto dari wisatawan lain. Ya, kebanyakan orang Indonesia ingin melakukannya, tapi itu bukan ide yang bagus. Carilah petugas ada di sekitar tempat wisata, karena biasanya banyak petugas di tempat-tempat seperti itu. Daripada mengganggu orang yang sedang berwisata, tanyakan pada mereka yang tugasnya memandu wisata, seperti petugas.

Berfoto di tempat yang aman

Kamu harus memprioritaskan keselamatan sebelum mengambil gambar. Banyak sekali contoh traveller yang mengalami kecelakaan di tempat tujuan wisata karena asyiknya mencari spot dan mengambil foto terbaik.

Sebelum berfoto, sebaiknya tentukan dulu posisi pijakan kamu. Jangan sampai kamu berfoto di tepi tebing atau di area yang bisa membahayakan, ya!

Tidak mengganggu orang lain

Aturan terakhir adalah hindari menghalangi orang lain. Ini merupakan etika berfoto yang kebanyakan orang nyaris tidak menghiraukannya.

Tentunya saat berkunjung ke suatu destinasi, banyak pengunjung lain yang ingin mengabadikan momen sekaligus menikmati pemandangan.

Oleh karena itu, sebelum menyiapkan kamera, sebaiknya perhatikan lingkungan sekitar. Jangan sampai kamu menghalangi kesempatan orang lain untuk mengambil foto, menghalangi akses jalan bagi pengunjung lain, atau bahkan mengganggu ketenangan orang lain.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan

27 Februari 2024 - 21:55 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata

Wisata Edukasi Bandung Paling Hits, Cocok Dan Tambah Pintar

19 Januari 2024 - 22:55 WIB

Wisata Edukasi Bandung

Wisata Edukasi di Surabaya Ini Wajib Anda Kunjungi

27 November 2023 - 23:01 WIB

Wisata Edukasi di Surabaya

Tempat Wisata di Pontianak Yang Lagi Hits 2024

25 November 2023 - 20:50 WIB

Trending di Travel