Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 21 Jul 2022 20:02 WIB ·

4 Etika Saat Traveling di Tempat Baru


Img: pexels-the-world-hopper Perbesar

Img: pexels-the-world-hopper

Ketika perbatasan berbagai negara dibuka dan sektor pariwisata berkembang, traveling menjadi salah satu hal utama yang dilakukan banyak orang belakangan ini.

Selain mengikuti protokol kesehatan, penting untuk menjaga etika saat bepergian, terutama saat mengunjungi tempat baru. Padahal, setiap daerah dan negara memiliki kode etik tersendiri. Sebagai tamu, ada baiknya untuk mempelajari apa yang bisa dan tidak bisa kamu lakukan saat mengunjungi lokasi baru.

Nah, buat kamu yang ingin traveling ke daerah atau negara manapun, berikut rangkuman tujuh etika yang harus kamu waspadai!

Ingat dirimu adalah tamu

Saat kamu bepergian, kamu memiliki status yang sama sebagai tamu seperti saat kamu mengunjungi rumah seseorang. Artinya sebagai tamu, kamu tidak boleh merasa betah seolah-olah sedang berada di rumah sendiri.

Selanjutnya, sebagai tamu, kamu harus menghormati tuan rumah. Menghormati segala sesuatu di sekitarnya, termasuk penduduk setempat. Bersikap sopan dalam segala situasi.

Patuhi aturan

Ketika kamu menemukan papan nama yang berisi aturan yang mungkin tidak ada di daerah lain, ikuti saja aturan tersebut. Aturan atau kebiasaan harus ditetapkan karena alasan tertentu.

Di Bali, misalnya, dilarang menginjak atau merusak sesaji, dan perempuan yang sedang haid tidak boleh memasuki tempat keramat. Kamu harus mengikuti aturan ini untuk menghormati tradisi atau kepercayaan setempat.

Gunakan pakaian yang tepat

Setiap negara, seperti Indonesia, memiliki aturan berpakaian sendiri untuk pria dan wanita. Wisatawan asing harus mengikuti aturan ini karena sopan santun.

Misalnya wanita tidak boleh mengekspos terlalu banyak bagian yang terbuka atau memakai sandal jepit. Bahkan di Prancis, turis tidak boleh pergi ke mal dengan piyama.

Bahkan jika kamu tidak setuju dengan aturan berpakaian, kamu harus mengikutinya. Kepatuhan menunjukkan bahwa kamu menghormati aturan atau tradisi setempat. Liburan kamu juga akan aman karena tidak melanggar aturan apapun.

Perhatikan cara bicara

Ingatlah bahwa hanya karena kamu telah melakukan riset di suatu lokasi tidak berarti kamu tahu semuanya. Sebaiknya jangan mencoba berkomunikasi atau bertanya dengan penduduk setempat tentang sesuatu yang tidak benar-benar kamu pahami.

Karena beberapa wilayah atau negara memiliki konflik politik dan sejarah yang kompleks, hindari memperdebatkan topik seperti gaya hidup, politik, dan agama. Ingatlah bahwa penduduk setempat mungkin sensitif tentang topik tertentu, terutama politik dan agama.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan

27 Februari 2024 - 21:55 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata

Wisata Edukasi Bandung Paling Hits, Cocok Dan Tambah Pintar

19 Januari 2024 - 22:55 WIB

Wisata Edukasi Bandung

Wisata Edukasi di Surabaya Ini Wajib Anda Kunjungi

27 November 2023 - 23:01 WIB

Wisata Edukasi di Surabaya

Tempat Wisata di Pontianak Yang Lagi Hits 2024

25 November 2023 - 20:50 WIB

Trending di Travel