Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 24 Apr 2022 11:59 WIB ·

Gak Enakan Bisa Membuat Kamu Gak Nyaman


Instagram/@candunoviosi Perbesar

Instagram/@candunoviosi

Pernahkah kamu merasa gak enakan  ? Entah ketika kamu mau melakukan sesuatu atau kamu mau ngobrol dengan orang baru atau bahkan kamu merasa gak enakan untuk menolak permintaan tolong dari teman kamu. Dan ketika kamu merasa nggak enakan kamu sendiri akan takut untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain yang harusnya itu disampaikan. Sampai-sampai kamu memendam sesuatu itu dalam diri kamu sendiri. Hal itu memang sering terjadi kepada sebagian orang atau mungkin kamu yang sedang membaca tulisan ini. Rasa gak enakan ini sebenarnya bisa dikatakan rasa segan kepada orang lain atau bentuk sikap sopan seseorang terhadap orang lain dan biasanya orang yang gak enakan lebih memikirkan orang lain daripada dirinya sendiri.

Namun menjadi orang yang gak enakan atau people pleaser terkadang sangat merepotkan. Bisa jadi kamu bakal overthinking terhadap diri sendiri atau orang yang berkaitan. Menjadi serba salah dalam bertindak dan hal itu tidak pernah disampaikan kepada orang lain karena takut kalau menyinggung perasaan orang lain dan masih banyak lagi. Hal ini bakalan berefek terhadap kesehatan mental kamu. Kamu akan merasa bahwa posisi orang itu akan lebih tinggi dibandingkan dengan kamu. Sehingga kamu lebih memikirkan orang lain daripada diri kamu sendiri dan kamu akan merasa capek dengan hal itu. Kemungkinan kamu memiliki momen untuk menyampaikan sesuatu kepada seseorang atau dalam suatu forum yang ada banyak orang. Namun kamu merasa takut dan tidak percaya diri.

Sebenarnya bila kita membicarakan rasa gak enakan ini akan dekat dengan rasa tidak percaya diri. Dan ini bakal menghambat proses kamu dalam mengembangkan potensi diri kamu. Mengapa ? karena akan ada saat dimana ada sesuatu yang perlu disampaikan kepada orang lain namun kamu takut untuk menyinggung perasaannya dan akhirnya kamu pendam sendiri. Seperti contoh kamu dimintai tolong oleh orang lain untuk menyelesaikan pekerjaannya tapi sebenarnya kamu tidak mampu dalam menyelesaikannya entah karena masalah waktu atau hal lain. kamu langsung menerimanya dengan dalih menghargai perasaannya dan takut untuk menolak. Akhirnya pekerjaan kamu keteteran sedangkan pekerjaan orang lain terselesaikan.   

Rasa gak enakan bisa membuat kamu capek dengan diri kamu sendiri. Ini bukanlah hal yang bisa didiamkan secara terus menerus. Mungkin kita memang terbentuk dengan kultur lingkungan berbeda-beda yang akhirnya juga membentuk karakteristik yang berbeda juga. Bisa jadi pendiam atau kurang percaya diri untuk berbicara di depan orang lain bahkan ragu-ragu dalam mengajak seseorang untuk ngobrol. Kamu akui saja bahwa ini adalah sebuah masalah dalam diri kamu.

Ketika kamu sudah mengakui bahwa hal itu menjadi masalah, maka coba cari bagaimana cara memecahkan masalah ini. Ketika kamu merasa gak enakan untuk ngomong di depan orang atau dimanapun itu, cobalah untuk ngomong atau membicarakan sesuatu. Hal ini ketika kamu lakukan bakal merubah mindset kamu yang awalnya gak bisa akhirnya bisa. Maka kamu akan menjadi percaya diri. Jangan overthinking terhadap hal yang diluar kendali kita. Seperti respon orang terhadap kita atau bagaimana perasaan orang terhadap tindakan kita. Jika kamu masih ragu-ragu dalam melakukan sesuatu yang menurut kamu benar maka hal itu aka menghambat diri kamu sendiri dan akhirnya kamu menjadi kurang percaya diri.

Jika kamu masih kurang paham dengan penjelasan diatas. Maka kamu bisa melakukan beberapa tindakan yang mungkin bisa mengurangi rasa gak enakan kamu. 

  • Jangan ragu untuk mengatakan tidak.

Kamu bisa melakukan hal ini jika kamu dimintai pertolongan oleh seseorang dan kamu memang benar-benar tidak bisa membantunya. Maka kamu jangan ragu untuk menolak permintaannya. Mungkin setelah kamu menolak akan muncul perasaan bersalah dan menyesal dalam diri kamu. Namun itu bukanlah hal buruk. Hal itu bisa menjadikan kamu lebih percaya diri terhadap diri kamu. Kamu juga dapat memanfaatkan waktumu untuk kepentingan pribadimu yang dirasa memang lebih urgent.

  • Tanamkan mindset untuk berhenti menyenangkan hati semua orang.

Kamu boleh membuat hati orang lain senang ketika berinteraksi dengan kamu. Namun ada batasnya. Kamu juga perlu memikirkan kesenangan diri kamu sendiri. Coba pikirkan ketika kamu membuat hati semua orang senang dan memenuhi ekpekstasi mereka tentang diri kamu. Maka kamu akan merasa capek. Coba untuk menanamkan mindset berhenti untuk menyenangkan hati semua orang. Kebahagiaan mereka adalah tanggung jawab masing-masing dan bukan menjadi tanggung jawab kamu. Karena kebahagiaan semua orang adalah hal yang berada di luar kendali dirimu. Kamu tidak bisa mengendalikan kebahagiaan orang lain atau respon orang terhadapmu. Begitupula dengan orang lain.

  • Komunikasi yang baik dengan setiap orang

Jika kamu merasa gak enakan maka cobalah berkomunikasi dengan baik kepada setiap orang. Terkadang kita merasa kurang percaya diri untuk ngomong kepada orang lain terkait sesuatu yang mestinya harus disampaikan. Jangan mencoba untuk memendam sesuatu yang harusnya disampaikan kepada orang lain lewat obrolan. Namun cobalah untuk menyampaikan hal itu. Karena orang lain tidak akan tahu maksud kamu kalau tidak disampaikan begitupun sebaliknya. Dengan kamu menyampaikan sesuatu terhadap orang lain secara jelas dan orang lain tahu maksud kamu. Maka bisa dikatakan bahwa kamu sudah menjalin komunikasi yang baik. Hal itu bisa mengurangi rasa gak enakan kamu.

  • Jangan ragu untuk bersikap tegas

Memang tidak semua orang bisa tegas. Namun hal ini bisa kamu lakukan di kehidupan kamu. Tegas dalam artian kamu teguh pendirian terhadap keputusan yang kamu ambil. Contoh kecilnya adalah kamu bersikap tegas untuk menolak permintaan orang lain yang memang tidak bisa kamu lakukan. Jangan ragu untuk bersikap tegas dengan orang lain. Karena hal itu menjadi penting untuk kesehatan mental kamu. Jangan membiarkan rasa gak enakan membuat kamu kesusahan, capek hati dan menjadikan prioritas kamu dinomor duakan.

Mungkin hal ini adalah beberapa tindakan kecil yang bisa membantu kamu untuk mengurangi rasa gak enakan. Jangan biarkan rasa gak enakan yang kamu alami malah menyakiti diri kamu sendiri. Kamu boleh menolak permintaan orang lain, menyampaikan sesuatu yang menurut kamu benar atau memprioritaskan pilihan kamu sebagai penunjang masa depanmu. Karena kamu mempunyai hak untuk itu dan jangan pernah ragu untuk memutuskan pilihanmu. 

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Shodgans

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024

Tips Atasi Rasa Kantuk Saat Di Dalam Kelas

18 Februari 2024 - 21:25 WIB

Tips Atasi Rasa Kantuk

Definisi Mencangkok Tanaman dan Langkah-Langkahnya

15 Februari 2024 - 20:36 WIB

Definisi Mencangkok Tanaman

Tata Krama Saat Berbicara Seperti Apa? Simak Di Sini!

13 Februari 2024 - 22:03 WIB

Tata Krama Saat Berbicara

Tips Meningkatkan Kontribusi Mahasiswa Dikampus

3 Februari 2024 - 23:03 WIB

Tips Meningkatkan Kontribusi

Tips Atasi Stress Ketika Belajar, Sudah Mencoba?

25 Januari 2024 - 15:29 WIB

Tips Atasi Stress
Trending di Tips dan Trik