Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 8 Jul 2022 13:00 WIB ·

5 Hal yang Dipelajari Melalui Ospek


Img: pixabay.com - felixioncool Perbesar

Img: pixabay.com - felixioncool

Untuk sebagian besar mahasiswa baru, masa ospek terasa begitu membosankan. Bahkan, tidak jarang ada beberapa mahasiswa yang ingin mangkir dari kewajiban ospek mereka. Namun, tahukah kalian bahwa masa ospek tersebut memiliki manfaat tersendiri bagi seorang mahasiswa dan perkuliahannya di masa depan? Yup! Kegiatan ospek pasti memiliki manfaat untuk mahasiswa dan karena itulah kegiatan yang sudah ada sejak lama itu masih ada hingga saat ini. Keberadaan ospek itu tentunya memiliki tujuan baik untuk seorang mahasiswa. Nah, berikut adalah 5 hal yang dipelajari melalui ospek yang harus banget maba pahami agar tidak menyia-nyiakan waktu ospek.

 

1. Pentingnya kerja sama

Dalam kegiatan ospek, sudah bukan rahasia lagi bahwa beberapa mahasiswa akan bergabung dalam sebuah kelompok kecil. Melalui kelompok kecil inilah, benih-benih kerja sama harus mulai tumbuh. Dengan adanya kegiatan yang pelaksanaannya secara berkelompok, mahasiswa baru akan melatih dirinya untuk terampil dan mengerti akan pentingnya kerja sama tim. Eits, jangan salah! Kemampuan kerja sama tim ini merupakan salah satu soft skill yang akan sangat membantu kamu di dunia kerja profesional nantinya, lo!

 

2. Kekompakan satu angkatan

Selain kerja sama, pentingnya kekompakan juga akan banyak mahasiswa dapatkan. Nah, dalam masa ospek, kekompakan satu angkatan kamu akan mendapat ujian, nih. Akan ada beberapa tugas ospek yang membutuhkan kekompakan satu angkatan. Meskipun terdengar sulit, tetapi bisa melatih kekompakan serta kesadaran diri akan pentingnya kekompakan satu angkatan ini akan sangat bermanfaat untuk mahasiswa secara individual dan satu angkatan secara keseluruhan. 

 

3. Kemampuan adaptasi dengan lingkungan baru

Hal berikutnya yang bisa mahasiswa pelajari melalui ospek adalah kemampuan adaptasi dengan lingkungan baru. Dalam masa ospek, seorang mahasiswa tidak akan hanya mengenal dengan siapa ia akan bersinggungan selama beberapa tahun ke depan, tetapi ia juga akan mengenal lingkungan kampus yang pastinya terasa baru. Setelah mengenal lingkungan kampus, mahasiswa harus mulai beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Nah, melalui kegiatan ospek, mahasiswa bisa mulai melatih kemampuan adaptasinya ini.

 

4. Pentingnya mengenal kondisi kampus

Tidak hanya secara fisik, mahasiswa juga akan mengenal kondisi kampus secara sosial. Penting sekali, lo, mengenal kondisi kampus agar mahasiswa bisa mengetahui manakah kegiatan di luar perkuliahan yang bisa menunjang skill dan mana yang hanya akan membuang waktu sia-sia.

 

5. Adanya pengalaman berharga

Seberat apa pun masa ospek yang mungkin akan mahasiswa lewati nantinya, kegiatan ini tetap memberikan suatu pelajaran bahwa memiliki pengalaman berharga itu penting. Pengalaman berharga inilah yang nantinya akan mahasiswa miliki usai menyelesaikan kegiatan ospeknya. 

Nah, itulah 5 hal yang dipelajari melalui ospek. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 50 kali

Baca Lainnya

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing

Aktivitas yang Di Lakukan saat Hari Lebaran 2024

12 April 2024 - 19:46 WIB

Aktivitas Yang Di Lakukan

Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

6 April 2024 - 23:33 WIB

Trending di Edukasi