Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 4 Sep 2023 22:22 WIB ·

Ini Peran Content Writer dan Bedanya dengan Copywriter.


Img: pixbay.com Perbesar

Img: pixbay.com

Bagi anda yang punya passion menulis bisa memilih bekerja entah itu sebagai content writer atau bisa jadi copywriter. Pada dasarnya, kedua profesi tersebut sama-sama menulis tetapi ada beberapa hal yang membuat keduanya sebenarnya berbeda dari sisi jobdesc hingga skill yang di butuhkan jelas berbeda. Jika copywriter hanya membutuhkan teks yang ringkas untuk meningkatkan brand awareness, maka content writer membutuhkan teks yang panjang berisikan informasi yang lengkap. Lalu, apa yang membedakan ini peran content writer dengan copywriter? Simak pembahasannya berikut ini.

Ini Peran Content Writer.

Ini peran content writer

Ilustrasi Content Writer (Img: pexel.com)

Dalam pengertiannya, content writer ialah suatu aktivitas menulis yang memberi konten tulisan yang menarik, unik, serta informatif. Tulisan bisa dibuat baik itu melalui blog, wordpress, dan platform media lainnya. Tidak hanya menulis, seorang content writer juga bertanggung jawab akan gambar, desain, dan lain-lain. Setiap harinya, content writer juga harus memikirkan topik apa yang perlu di tulis untuk hari ini, esok, dan seterusnya. Adapun Content writer terdiri dari berbagai jenis seperti SEO, Jurnalistik, Technical Writer, Sosial Media, dan Generalist. Biasanya, content writer di minta untuk membuat tulisan agar masuk ke halaman pertama pencarian google. Ini mungkin lebih ke SEO Content Writer. Adapun peran dan tanggung jawab seorang Content Writer seperti di bawah ini:

  • Kemampuan Mengelola Konten.

Hal pertama yang harus anda perhatikan sebagai content writer ialah kemampuan mengelola konten. Maksudnya, penulis harus mampu membuat jadwal kapan konten akan di buat dan di posting di websitenya.

  • Lakukan Riset.

Sebelum membuat konten artikel, ada baiknya anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar penulis dapat mengetahui topik apa yang akan di bahas dan menentukan kata kunci atau keywordnya.

  • Mengetahui dan Memahami SEO.

Sebagai seorang penulis atau content writer, pemahaman mengenai SEO sangat di perlukan. Karena ini menyangkut konten anda yang kata kunci atau keyword teroptimasi di mesin pencarian google. Kalaupun tidak memahami SEO secara keseluruhan, setidaknya memahami dasar-dasarnya saja.

  • Gaya Bahasa Yang Menarik.

Ketertarikan audiens dalam membaca artikel tidak hanya isinya saja, tetapi gaya bahasanya yang menarik dan mudah di pahami oleh pembacanya. Oleh karena itu, usahakan gunakan gaya bahasa yang menarik dan mudah di mengerti oleh orang yang membacanya.

Peran Copywriter.

Ini peran content writer

Ilustrasi Copywriter (Img: pixbay.com)

Dalam pengertiannya, copywriter ialah suatu aktivitas menulis yang bertujuan untuk kebutuhan promosi serta meningkatkan penjualan perusahaan. Agar bisa menarik pelanggan, maka solusinya ialah dengan membuat tulisan persuasif copywriter ini. Karena tugas copywriter ini ialah membuat tulisan yang bisa mempengaruhi seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan target pemasaran yaitu membeli.

Umumnya, untuk menjadi seorang copywriting ini dibutuhkan lulusan komunikasi, marketing, jurnalistik, hingga periklanan. Akan tetapi, semua itu tergantung pada perusahan karena yang di butuhkan ialah keahlian pada bidangnya. Jadi, intinya bukan tidak mungkin semua jurusan bisa menjadi copywriter meski backgroundnya sangat berbeda. Ada beberapa peran dari seorang copywriter, antara lain:

  • Membuat konten tulisan yang sesuai dengan merek perusahaan.
  • Melakukan koordinasi dengan tim marketing untuk mengembangkan kampanye pemasaran.
  • Meriset produk, konsumen, layanan melalui situs kompetitor di industri yang serupa.
  • Menganalisa hasil dari kampanye pemasaran dan di jadikan bahan evaluasi untuk copywriter selanjutnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai peran content writer dan bedanya dengan copywriter. Bagaimana apakah anda tertarik menjadi seorang content writer? Terus asah skill content writer anda agar bisa menjadi content writer yang profesional.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Mengenal Pantomim: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Dasar

18 Mei 2024 - 21:46 WIB

Mengenal Pantomim

Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian dan Ciri-cirinya

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kebijakan Fiskal Kontraktif

Manfaat Study Tour yang Bisa Didapatkan Siswa

15 Mei 2024 - 22:47 WIB

Manfaat Study Tour
Trending di Edukasi