Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 2 Agu 2023 08:27 WIB ·

Ini Tips Internet yang Baik dan Aman


Ini Tips Internet yang Baik dan Aman Perbesar

Memiliki jaringan internet tentu sangat bermanfaat untuk segala aktivitas yang mendukung semua pekerjaan dan aktivitas lainnya. Dengan internet, kita bisa mengakses berbagai situs sesuai dengan yang kita inginkan. Namun, apakah internet yang anda akses dapat berjalan aman? Hingga saat ini masih ada tindak kejahatan yang memanfaatkan akses internet.

Seperti yang terjadi belakangan ini dimana terjadi pencurian data yang memanfaatkan akses internet. Hal seperti ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat. Agar tidak mengalami kejadian tersebut, berikut ini ada beberapa tips internet yang baik dan aman.

  • Hindari Link Mencurigakan.

Tips Internet yang pertama ialah menghindari link mencurigakan. Mungkin jika anda sering bermain sosial media biasanya ada seseorang yang mengirimkan suatu link yang memancing anda untuk meng-kliknya. Ini merupakan salah satu modus kejahatan yanh mungkin akan mengambil data pribadi anda. Oleh sebab itu, jika ada seseorang atau orang asing yang memberi sebuah link sebaiknya jangan langsung di klik.

  • Pastikan Akun Google Aman.

Tips internet selanjutnya adalah memastikan bahwa akun google anda dalam keadaan aman. Hal ini karena akun google umumnya tidak hanya mencantumkan alamat email saja, tetapi juga nomor telepon yang sudah tervalidasi. Maka dari itu, jangan sekali-kali memberi akses akun gmail anda kepada orang lain untuk menghindari hal yang tidak di inginkan apalagi jika sampai di salah gunakan.

  • Pastikan Menggunakan Password yang Kuat.

Pada saat anda memuat akun gmail, biasanya anda akan diminta untuk membuat kata kunci atau password yang kuat. Umumnya, password yang kurang ini meliputi angka, huruf besar, huruf kecil, dan simbol seperti tanda seru, tanda tanya, dan lain-lain. Tujuannya, agar dapat menghindarkan anda dari hacker yang mencoba mencuri data pribadi anda. Oleh sebab itu, pastikan password akun email atau google anda dalam keadaan kuat. Dan jangan beri password anda kepada orang lain.

  • Verifikasi Dua Langkah.

Tips internet lainnya ialah melakukan verifikasi dua langkah. Verifikasi ini tidak hanya berlaku pada internet saja, tetapi juga untuk sosial media juga seperti misalnya whatappp yang kini di lengkapi dengan verifikasi dua langkah. Tujuannya sama seperti sebelumnya yaitu untuk meminimalisir terjadinya pencurian data.

  • Matikan Bluetooth.

Mungkin yang anda tahu fitur bluetoot digunakan untuk mengirim file dari satu perangkat ke perangkat lain. Namun, tahukah anda ternyata bluetooth bisa menjadi pintu masuk bagi para hacker untuk membobol data anda. Kok bisa? Karena pada saat bluetooth salng terhubung di perangkat lain, bluetooth membuat enskripsi. Di sinilah celah yang bisa di manfaatkan para hacker dengan mengelabui perangkat yang bluetoothnya dalam keadaan aktif untuk membuka kunci enskripsi dengan karakter yang lebih kecil.

Itulah beberapa tips internet yang sudah di jelaskan. Hal yang bisa kita dapatkan pada pembahasan ini adalah agar kita lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakan internet demi menhindari hal yang tidak kita inginkan.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 66 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi