Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Mahasiswa · 13 Des 2023 20:37 WIB ·

IPK dan IPS, Kenali Perbedaannya Dalam Sistem Pendidikan


Ilustrasi Nilai A (img: unsplash.com) Perbesar

Ilustrasi Nilai A (img: unsplash.com)

Penting untuk memahami perbedaan antara Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Indeks Prestasi Semester (IPS) dalam konteks sistem pendidikan. Meskipun keduanya berkaitan erat dengan penilaian akademis, mereka memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Artikel ini akan membahas perbedaan utama antara IPK dan IPS.

Definisi dan Pengertian

Ipk dan ips

Ilustrasi Nilai A (img: unsplash.com)

IPK, atau Indeks Prestasi Kumulatif, mencerminkan prestasi akademis seorang mahasiswa sepanjang masa studinya di perguruan tinggi. IPK di hitung dengan cara mengambil rata-rata nilai mata kuliah yang telah diambil oleh seorang mahasiswa. Nilai ini memberikan gambaran umum tentang keseluruhan performa akademis seorang mahasiswa sepanjang studinya.

Di sisi lain, IPS, atau Indeks Prestasi Semester, lebih bersifat sementara dan mencerminkan prestasi akademis seorang mahasiswa dalam satu semester tertentu. IPS di hitung dengan cara mengambil rata-rata nilai mata kuliah yang di ambil dalam satu semester.

IPK dan IPS dari Sisi Periode Penghitungan

Ipk dan ips

Ilustrasi Nilai Kuliah (img: finansialku.com)

Perbedaan utama antara IPK dan IPS terletak pada periode penghitungannya. IPK melibatkan seluruh masa studi seorang mahasiswa, sedangkan IPS hanya mempertimbangkan satu semester akademis. Dengan kata lain, IPK mencakup semua mata kuliah yang telah di ambil sejak awal masuk perguruan tinggi hingga saat itu, sementara IPS hanya mencerminkan pencapaian dalam kurun waktu singkat.

Ipk dan Ips dari Sisi Fungsi dan Pemakaian

Ilustrasi Nilai Kuliah Tinggi (img: campuspedia)

IPK umumnya di gunakan untuk menilai keseluruhan kemampuan akademis seorang mahasiswa. IPK sering dijadikan acuan oleh perusahaan atau institusi pendidikan yang mempertimbangkan penerimaan mahasiswa baru atau pemberian beasiswa. Sebaliknya, IPS di gunakan untuk mengevaluasi prestasi sementara seorang mahasiswa dalam satu semester dan memberikan gambaran mengenai kemajuan akademisnya.

Perubahan dan Perbaikan

Ipk dan Ips

Ilustrasi Nilai Kuliah Per Semester (img: ayokuliah.id)

Sebagai ukuran yang mencakup keseluruhan masa studi, IPK dapat berubah secara signifikan hanya jika ada perubahan besar dalam prestasi akademis mahasiswa, seperti peningkatan atau penurunan signifikan dalam hasil studi. Di sisi lain, IPS dapat berfluktuasi setiap semester tergantung pada pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah tertentu pada saat itu.

Dampak Terhadap Karir dan Pendidikan Lanjutan

Ilustrasi Kerja (img: pexels.com by sora shimazaki)

IPK biasanya lebih memengaruhi keputusan penerimaan untuk pendidikan lanjutan atau pekerjaan. Sebagian besar institusi akademis dan perusahaan melihat IPK sebagai gambaran keseluruhan kemampuan akademis seorang individu. Sementara itu, IPS lebih berpengaruh dalam menentukan kemajuan akademis seorang mahasiswa dalam satu semester, tetapi tidak memiliki dampak jangka panjang seperti IPK.

 

Dalam sistem pendidikan, baik IPK maupun IPS memiliki peran penting dalam mengevaluasi prestasi akademis seorang mahasiswa. Meskipun keduanya berkaitan dengan nilai akademis, perbedaan utama terletak pada periode penghitungan dan dampaknya terhadap keputusan penerimaan dan karir. Sebagai mahasiswa, penting untuk memahami perbedaan ini guna mengelola dan meningkatkan kinerja akademis dengan bijaksana.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 53 kali

Baca Lainnya

Tipe Mahasiswa Menjelang Ujian, Kamu Termasuk Yang Mana?

25 Februari 2024 - 21:18 WIB

Tips Sukses Kuliah

Jenis Organisasi Kampus Yang Perlu Anda Ketahui, Ini Dia!

31 Januari 2024 - 19:35 WIB

Jenis Organisasi Mahasiswa

Mahasiswa Kupu-Kupu: Pahami Pengertian, Manfaat & Kekurangan

28 Desember 2023 - 22:57 WIB

Apa itu Cumlaude

Manfaat Penelitian Bagi Mahasiswa

21 Desember 2023 - 21:35 WIB

Rekomendasi Kos Kosan Malang Dekat Kampus UB

14 Desember 2023 - 20:53 WIB

Rekomendasi Kos Kosan

Telkom University, Ini Fasilitas Lengkap Yang Bisa Kamu Dapatkan.

10 Desember 2023 - 21:39 WIB

Trending di Mahasiswa