Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 11 Mei 2022 16:08 WIB ·

5 Jenis Es Khas Indonesia Ini Siap Menerjang Teriknya Harimu!


Img: selerarasa.com Perbesar

Img: selerarasa.com

Ragam kuliner Indonesia memang sudah tidak meragukan lagi baik dari segi citrarasa maupun variasinya. Selain kaya akan ragam kuliner yang berupa makanan, Indonesia juga tidak kalah kaya dengan ragam kuliner yang berupa minuman. Minuman yang dalam pembahasan ini dikhususkan pada jenis es khas Indonesia memiliki begitu banyak nama yang unik dengan rasa yang siap menerjang teriknya hari. Nah, dari begitu banyak jenis es khas Indonesia itu, berikut adalah 5 di antaranya. Check it out!

 

Es Podeng

Es Podeng

Img: pergikuliner.com

Es podeng memiliki arti dalam bahasa Madura sebagai es putar yang mana kata podeng itulah yang bermakna putar. Proses pembuatan es inilah yang melatarbelakangi penamaan es putar atau es podeng. Es podeng dibuat dengan cara diputar menggunakan alat-alat tradisional. Dalam penyajiannya es podeng lengkap dengan taburan kacang tanah yang dicincang, siraman susu kental manis, dan meses. Tidak hanya itu, akhir-akhir ini es podeng juga sering berteman akrab dengan es krim pada penyajiannya. Wah, bayangkan sesegar apa rasanya!

 

Es Doger

Es Doger

Img: selerarasa.com

Es Doger merupakan es yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Penamaan es doger ini merupakan singkatan dari “dorong gerobak”. Es doger memiliki santan kelapa sebagai bahan dasarnya dengan beberapa isian, seperri ketan hitam, sisiran daging kelapa, tape, dan isian lainnya. Biasanya, dalam penyajiannya es doger juga lengkap dengan potongan roti tawar serta sagu mutiara. 

 

Es Cendol

Es Cendol

Img: Kompas.com

Es ini ialah es yang juga dikenal dengan nama es dawet khususnya di masyarakat Jawa. Berasal dari Jawa Barat, es cendol ini memiliki tepung hunkwe sebagai bahan dasarnya. Sangat cocok untuk menemani siang hingga sore hari yang terik!

 

Es Dawet 

Es Dawet

Img: inews.id

Es dawet merupakan es yang berbahan dasar tepung beras. Adonan tepung beras kemudian diolah dengan pewarna hijau dari daun suji untuk menciptakan warna hijau segar. Dalam penyajiannya, es dawet lengkap dengan es parut serta gula merah cair dan pastinya santan yang siap membawa citasari gurih di es satu ini. Tidak hanya kaya akan citarasa gurihnya, es dawet juga memiliki rasa manis dari gula merah cair.

 

Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang

Img: cookpad.com

Es dengan nama cantik ini merupakan es yang berasal dari Betawi atau Jakarta. Penamaan selendang mayang merupakan hasil dari pemikiran atas banyaknya warna yang ada dalam es ini. Hal itu sejalan dengan isian yang ada di dalam es selendang mayang ini yang antara lain adalah adanya kue kenyal yang berwarna-warni. Kue kenyal itu berasal dari adonan tepung peras, santan cair, sirop merah, dan gula merah cair.
Nah, itulah 5 es khas Indonesia yang bisa membantu menerjang panasnya harimu. Dari kelima es tersebut mana nih yang sudah jadi langganan dan sasaran target coba mencobamu? Yuk, jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi serta fakta-fakta unik lainnya!
Komentar
Artikel ini telah dibaca 456 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner