Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 8 Feb 2023 16:00 WIB ·

Jenis-Jenis Hacker Apa Saja?


Sumber : Freepick Perbesar

Sumber : Freepick

Jenis-Jenis Hacker Apa Saja? – Hacker adalah orang yang menguasai bidang pengetahuan teknologi informasi terutama dalam melakukan peretasan sistem dengan cara mencoba untuk masuk secara paksa ke dalam sebuah sistem melalui celah keamanan yang ada. Tapi tahukah kalian jika Hacker pun terbagi menjadi beberapa jenis. Mereka dibagi jenis berdasarkan dari tujuan peretasannya. Berikut beberapa jenis Hacker yang sudah Tim Media Edukasi rangkum :

  1. White Hat Hacker

White hat hacker merupakan seorang professional yang memiliki legalitas untuk melakukan peretasan pada sebuah sistem keamanan. Mereka biasanya memiliki kontrak atau kesepakatan dengan pemilik sistem untuk mencari celah keamanan yang ada pada sistem. Tujuannya nanti adalah agar celah sistem keamanan tersebut dapat diperbaiki dan meningkatkan keamanan pada sistem yang ada.

  1. Black Hat Hacker

Black hat hacker juga merupakan seorang ahli komputer. Akan tetapi, bedanya dengan White hat hacker tujuan dari yang mereka kerjakan adalah kebalikannya. Black hat hacker menggunakan kemampuan miliknya untuk melakukan hal-hal yang illegal. Mereka menerobos melalui celah keamanan sistem dengan tujuan untuk merusak atau bahkan mencuri data yang ada. Hasil dari peretasan yang mereka lakukan itu biasanya mereka jual pada situs illegal dan black market, bisa juga mereka gunakan untuk mengancam atau mendapat keuntungan pribadi dari pemilik sistem.

  1. Gray Hat Hacker

Gray hat hacker ini mudahnya bisa kita sebut posisinya berada antara White hat hacker dan Black white hacker. Ini karena gray hat hacker melakukan peretasan secara illegal atau tanpa izin pemilik sistem. Akan tetapi, mereka melakukan peretasan bukan untuk mencuri data atau mengambil keuntungan pribadi. Mereka biasanya hanya meretas untuk tantangan dan menguji diri. Terkadang ada juga yang ketika menemukan celah pada sistem keamanan memberitahu pada pemilik sistem dan mau memperbaiki celah yang ada tersebut jika diberikan imbalan.

  1. Blue Hat Hacker

Blue hat hacker biasanya merupakan seorang pemula yang masih amatir dalam peretasan. Mereka sering menggunakna script yang ada lalu kemudian melakukan peretasan pada sistem agar mendapatkan pengakuan keunggulan yang mereka miliki dari hacker lainnya. Tapi, ada juga Blue hat hacker yang menggunakan kemampuannya untuk tindakan seperti balas dendam, atau karna masalah pribadi kepada pemiliki sistem yang akan mereka retas keamanannya. Dengan begitu mereka mendapatkan kepuasan sendiri setelah menerobos dan merusak sistem keamanan miliki targetnya. Blue hat hacker menggunakan taktik yang kurang lebih sama dengan black hat hacker yaitu seperti Malware, virus, dan lain sebagainya.

  1. Red Hat Hacker

Red hat hacker atau sebut juga Eagle-Eyed Hacker. Mereka memiliki tujuan yang kurang lebih sama dengan white hat hacker, namun mereka terkenal lebih sadis. Itu karena mereka berhadapan dengan serangan  yang Black hat hacker lakukan. Sebagian besar mereka bekerja kepada pemerintahan untuk melindungi sistem. Akan tetapi jika mereka sudah berhadapan dengan Black hat hacker atau penyusup yang akan masuk ke sistem mereka akan menyerang balik kepada penyusup dan memberikan mereka ancaman yang lebih. Bahkan mereka bisa saja membangun ulang sistem keamanan demi untuk menjaga keamanan sistem yang ada.

 

Itu tadi pembahasan kita mengenai jenis-jenis hacker yang ada. Ternyata ada banyak jenis hacker bahkan masih adalagi yang masih belum kita bahss disini. Apakah kalian juga baru mengetahuinya ?.  Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kita dan mengetahui bahwa tidaklah semua hacker itu jahat. Apakah kalian tertarik untuk menjadi hacker ? Tolong tulis jawaban kalian di kolom komentar

 

Baca Juga : Hacker dan Cracker ? Apa Bedanya ?

 

Salam,

Tim Media Edukasi

Komentar
Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rekomendasi Tablet Yang Cocok Buat Mahasiswa

26 Juni 2024 - 19:58 WIB

Rekomendasi Tablet

Tips Membuat Prompt ChatGPT yang Efektif

22 Juni 2024 - 20:13 WIB

Rekomendasi Tolls AI

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Oxford University
Trending di Teknologi