Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 2 Feb 2024 20:40 WIB ·

Jenis Tugas Kuliah Mahasiswa, Anak Maba Harus Tahu Nih!


Ilustrasi Membuat Scriptwriter (img: pexels.com by christina morillo) Perbesar

Ilustrasi Membuat Scriptwriter (img: pexels.com by christina morillo)

Sebagai mahasiswa tentu tidak lepas dari yang namanya tugas. Umumnya, tugas kuliah di berikan setelah dosen menyampaikan materi mata kuliahnya. Tugas kuliah akan selalu membayangi diri anda selama anda menjadi mahasiswa hingga semester akhir. Ada banyak jenis tugas kuliah yang perlu anda ketahui mulai dari mengerjakan makalah hingga kerjakan skripsi bila sudah memasuki semester akhir. Berikut penjelasan dari macam tugas-tugas kuliah di bawah ini.

Jenis Tugas Kuliah Makalah

Jenis Tugas Mahasiswa

Ilustrasi Membuat Makalah (img: pexels.com by christina morillo)

Makalah bermacam-macam jenisnya, mulai dari yang bersifat ilmiah yang mempertimbangkan permasalahan dari penelitian ilmiah, kajian yang mengungkapkan solusi untuk masalah yang kontroversial, hingga analisis untuk masalah-masalah yang objektif dan di dasarkan pada data empiris.

Jenis Tugas Kuliah, Presentasi

Jenis Tugas Kuliah

Ilustrasi Presentasi (img: pexels.com by mikael blomkvist)

Saat melakukan presentasi, penting untuk dapat menyampaikan pesan secara jelas yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Pastikan ada pesan utama yang ingin di sampaikan. Biasanya, presentasi di lakukan dengan menggunakan media seperti power point (PPT).

Review Jurnal

Ilustrasi Review Jurnal (img: pexels.com by karolina grabowska)

Materi kuliah dapat di peroleh dari berbagai sumber, tidak terbatas hanya pada buku. Salah satunya adalah jurnal ilmiah. Bagian dari tanggung jawab akademisi adalah membaca berbagai jurnal ilmiah untuk mendalami materi dan pengetahuan.

Proyek

Ilustrasi Proyek Kuliah (img: pexels.com by pixabay)

Tugas proyek sering di berikan kepada mahasiswa dari jurusan teknik atau bidang keahlian khusus lainnya. Selain itu, mahasiswa komunikasi, terutama dalam bidang penyiaran, juga sering di berikan tugas proyek.

Skripsi

Ilustrasi Mengerjakan Skripsi (img: pexels.com by pavel danilyuk)

Skripsi merupakan tugas kuliah yang wajib di ambil oleh mahasiswa sebagai syarat untuk lulus dari program sarjana. Tugas ini memiliki bobot kredit semester yang tinggi, sekitar 4-6 SKS, dan biasanya di ambil pada semester ketujuh atau delapan. Dan untuk memulainya, anda harus menentukan judul dan rumusan masalahnya terlebih dahulu lalu di ajukan kepada kaprodi (kepala program studi terkait) dalam bentuk proposal.

Itulah pembahasan mengenai jenis tugas kuliah ini di bahas. Semoga ini bisa menambah pengetahuan anda khususnya anak maba yang baru mengawali perkuliahan. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa selama anda menjalani perkuliahan atau menjadi mahasiswa tentu tidak lepas dari yang namanya tugas kuliah.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 28 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi