Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 13 Des 2023 22:21 WIB ·

Jurusan Audio Engineering: Kenali Mata Kuliah serta Prospek Kerja


Ilustrasi Audio Engineering (img: suneducationgroup.com) Perbesar

Ilustrasi Audio Engineering (img: suneducationgroup.com)

Kamu memiliki minat dalam musik, bukan? Menikmati mendengarkan dan menciptakan musik? Mungkin tertarik menjadi seorang DJ atau memiliki keahlian dalam menggunakan peralatan sound system? Saat ini, peluang untuk mempelajari hal-hal tersebut secara formal dapat diakses di berbagai kampus yang menawarkan jurusan Audio Engineering.

Jika penasaran tentang bagaimana jurusan ini di rancang, apa saja materi yang diajarkan, prospek karir setelah menyelesaikan studi, dan di mana kampus-kampus yang menyelenggarakan jurusan ini di Indonesia, semuanya akan di ungkapkan di sini.

Apa Arti dari Jurusan Audio Engineering?

Jurusan Audio Engineering

Ilustrasi Audio Engineering (img: suneducationgroup.com)

Jurusan Audio Engineering mencakup seluruh aspek yang terkait dengan teknik audio untuk keperluan musik, film, dan televisi. Ini melibatkan keahlian dalam berbagai hal, seperti penggunaan perangkat lunak pengolahan audio untuk mixing dan mastering, pengelolaan peralatan audio studio, penerapan teknologi musik digital, serta teknik perekaman dan penyuntingan audio.

Program studi ini saat ini baru tersedia di beberapa lembaga pendidikan di Indonesia yang fokus pada bidang audio dan musik. Biasanya, program ini di sajikan dalam bentuk kursus singkat, meskipun ada beberapa institusi yang menawarkan program diploma dan sarjana untuk jurusan ini.

Mata Kuliah Yang Di Ajarkan

Jurusan audio engineering

Ilustrasi Audio Setting (Img: darkhouseinstitute.com)

Di dalam jurusan Audio Engineering, terdapat beragam mata kuliah yang fokus pada pemrosesan suara yang akan menjadi bagian dari kurikulum studimu. Selain itu, jurusan ini juga memberikan pengetahuan mengenai proses pengolahan sinyal guna mencapai kualitas suara yang optimal. Berikut beberapa contoh mata kuliah yang akan di temui dalam program studi Audio Engineering:

  • Keterampilan Komunikasi
  • Prinsip Suara dan Produksi Suara
  • Teknologi Audio
  • Dasar-dasar Audio Digital
  • Pemrosesan Sinyal dan Persepsi Pendengaran
  • Produksi Studio
  • Produksi Musik Elektronik
  • Produksi Suara Akustik dan Live
  • Audio Post Production
  • Manajemen Perusahaan Rekaman

Prospek Kerja

Ilustrasi Audio Setting (img: musicneedyou.com)

Peluang karir bagi lulusan jurusan Audio Engineering sangat menjanjikan dan di butuhkan di berbagai sektor. Beberapa opsi pekerjaan yang dapat dikejar oleh para lulusan mencakup:

  • Ahli Audio

Profesi sebagai ahli audio seringkali tidak mendapat sorotan sebanyak profesi lainnya di Indonesia, seperti contohnya di bidang perbankan. Meskipun begitu, keberadaan ahli audio sangat penting terutama dalam proses pengolahan suara di berbagai jenis studio, termasuk studio televisi dan rekaman. Gaji yang di tawarkan untuk posisi ini juga termasuk dalam kategori yang tinggi.

  • Konsultan Audio

Seorang lulusan dari jurusan Audio Engineering memiliki pemahaman mendalam mengenai proses sinyal suara. Pengetahuan ini dapat di terapkan di bidang konstruksi bangunan, terutama dalam perancangan ruang yang memiliki kebutuhan akustik khusus, seperti ruang kedap suara. Sebagai seorang konsultan audio, kamu dapat memberikan kontribusi dengan memberikan pengetahuan tentang aspek audio yang relevan untuk membantu dalam pembuatan ruang kedap suara.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 64 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi