Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 30 Nov 2023 14:13 WIB ·

Jurusan Ilmu Komunikasi: Meniti Jalan Menuju Keberhasilan


Ilustrasi Eksplorasi Pekerjaan (img: pexels.com by ivan samkov) Perbesar

Ilustrasi Eksplorasi Pekerjaan (img: pexels.com by ivan samkov)

Ilmu komunikasi telah menjadi pilihan utama di berbagai universitas dalam bidang ilmu sosial. Kepopulerannya tidak mengherankan karena di anggap sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari, menjadikannya berkembang terus-menerus dan selalu di minati. Sebagai jurusan yang selalu di minati, tentu saja terdapat persaingan ketat. Oleh karena itu, bagi mereka yang berencana mengambil Ilmu Komunikasi, di sarankan untuk memahami lebih dalam tentang jurusan ini sebelum mendaftar.

Pengertian Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi

Ilustrasi Mahasiswa Sedang Berkomunikasi (img: pexels.com by ivan samkov)

Jurusan komunikasi merupakan disiplin ilmu yang mengkaji pengiriman pesan secara efektif dari pengirim pesan agar dapat di terima dengan baik oleh penerima pesan melalui berbagai platform. Di dalam jurusan ini, siswa akan diajak untuk memahami berbagai aspek komunikasi, mulai dari tingkat individual, media, periklanan/publisitas, hingga komunikasi antarbudaya dan media sosial.

Dari basis ilmu komunikasi ini, berbagai konsentrasi studi akan berkembang, termasuk tetapi tidak terbatas pada Hubungan Masyarakat (Public Relation), Komunikasi Pemasaran, Periklanan (Advertising), Komunikasi Seni Pertunjukan (Performing Arts Communication), Manajemen Komunikasi, dan lain sebagainya.

Mengapa Harus Jurusan Komunikasi?

Sebagai suatu keahlian yang tidak surut oleh perubahan waktu dan era, ilmu komunikasi menjadi suatu keterampilan yang di perlukan di berbagai tempat. Selain itu, fleksibilitasnya membuat para lulusan dapat di tempatkan dan di butuhkan di berbagai sektor bisnis. Berikut ini beberapa alasan mengapa anda harus  memilih jurusan ilmu komunikasi.

  • Kecakapan Dalam Berkomunikasi
Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilustrasi Membangun Komunikask (img: pexels.com by fauxels)

Lulusan ilmu komunikasi unggul dalam kedua aspek, baik tulisan maupun komunikasi lisan. Menyelesaikan program studi Ilmu Komunikasi akan memberikan kamu kemampuan menulis, berbicara, dan mendengarkan yang sangat kompeten. Sungguh paket yang lengkap, bukan?

  • Di butuhkan Banyak Perusahaan

Peluang karir yang luas terbuka lebar bagi lulusan Ilmu Komunikasi di dunia media, mulai dari televisi, radio, koran, hingga media digital. Namun, tidak hanya di media, hampir semua sektor bisnis membutuhkan keahlian komunikasi ini. Selain itu, perusahaan-perusahaan juga membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi, terutama di divisi public relations. Peran yang sangat vital dalam berkomunikasi dengan pihak luar.

  • Siap Go Internasional

Dengan kondisi dunia yang semakin global dan terkoneksi, komunikasi semakin krusial dan relevan. Sebagai lulusan ilmu komunikasi, bukan hanya akan membuatmu menonjol di antara pelamar lain, tetapi juga memberikan keterampilan untuk memajukan karier dan menjadi aset yang di hargai di mana pun.

Hal Yang Akan Anda Pelajari di Prodi Komunikasi.

Ilustrasi Mahasiswa Belajar Bersama (img: pexels.com by fox)

Saat memulai tahun pertama kuliah, kamu akan mengikuti mata kuliah umum inti yang menjadi dasar ilmu komunikasi. Materi tersebut melibatkan Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Psikologi Komunikasi, dan Sosiologi Komunikasi. Biasanya, di semester 3, kamu dapat memilih jurusan atau spesialisasi sesuai minatmu, dan pilihan ini bervariasi tergantung universitasnya.

Setiap spesialisasi menawarkan pembelajaran yang berbeda dengan tujuan agar kamu dapat fokus mengembangkan keahlian tertentu. Dalam spesialisasi Public Relations, kamu akan memahami cara membentuk dan menjaga citra positif suatu perusahaan. Di bidang marketing, fokusnya adalah mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk, dengan Advertising bertanggung jawab mengemas strategi tersebut. Sementara itu, dalam spesialisasi Broadcasting, kamu akan mempelajari teknik menyajikan pesan yang menarik dan bermanfaat dalam konteks media massa.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi