Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 18 Okt 2023 20:58 WIB ·

Jurusan Kuliah Aktuaria, Langka Namun Prospek Kerja Menjanjikan


Ilustrasi Aktuaria (Img: pexels.com by pixabay) Perbesar

Ilustrasi Aktuaria (Img: pexels.com by pixabay)

IlKetika anda akan memasuki perguruan tinggi, langkah awalnya ialah menentuka jurusan kuliah. Jurusan macam ekonomi, hukum, hingga pendidikan tersedia di semua kampus. Lalu, bagaimana dengan jurusan aktuaria? Untuk program studi yang satu ini memang tidak semua kampus di indonesia mengadakannya. Meski tidak banyak, tetapi jurusan ini memiliki prospek kerja yang menarik.

Aktuaria ialah merupakan sebuah jurusan yang mempelajari hitung-hitungan seperti matematika, ilmu probabilitas hingga statistik untuk memperkirakan risiko keuangan di masa yang akan datang. Untuk gelar yang di dapatkan pada jurusan ini adalah S.Aktr. Apabila anda tertarik dengan hitung-hitungan bisa mengambil jurusan ini. Hal ini di karenakan bidang ilmu matematika serta beberapa aplikasinya cukup dominan untuk di pelajari.

Jurusan Kuliah Aktuaria Belajar Apa Saja?

Jurusan aktuaria

Ilustrasi aktuaria (img: pexels.com by karolina grabowska)

Seperti yang telah di jelaskan di atas, bahwa jurusan ini mempelajari matematika, statistika, dan ilmu probabilitas yang mana tujuannya untuk memperkiraan kondisi keuangan di masa yang akan datang. Jurusan ini juga kerap kali di sebut sebagai ‘matematika asuransi’ karena pada bidang ini juga mempelajari asuransi. Akan tetapi, ini tidak sama dengan pelajaran akuntansi yang mana lebih fokus pada masalah laporan keuangan secara spesifik saja.

Jurusan Langka Di Indonesia.

Ilustrasi Aktuaria (img: pexels.com by karolina grabowska)

Meskipun memiliki prospek kerja yang menarik, tetapi jurusan ini tidak semua di buka di seluruh kampus. Di indonesia sendiri yang membuka program studi aktuaria ini hanya ada beberapa kampus saja seperti di Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanudin, hingga Universitas Prasetya Mulya.

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Aktuaria.

Ilustrasi Prospek Kerja (img: pexels.com by marc mueller)

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa jurusan aktuaria ini mempunyai prospek kerja yang menarik. Akan tetapi, ketika sudah lulus nanti anda akan di wajibkan mengikuti sertifikasi terlebih dahulu. Maka dari itu, apabila tertarik menjadi aktuaris maka anda harus mengikuti pendidikan profesi aktuaris yang di selenggarakan oleh PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia). Dan setelah selesai mengikuti pendidikan profesi ini, anda bisa bekerja di berbagai bidang seperti asuransi, analisis data, analisis keuangan, dana pensiun, perbankan, investasi, hingga manajemen risiko.

Itulah pembahasan ringkas mengenai jurusan aktuaria. Meskipun jurusan ini masih tergolong baru tetapi peluang kerja yang di tawarkan lebih menarik dan tidak kalah dengan jurusan lain.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi