Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 11 Okt 2023 14:20 WIB ·

Jurusan Kuliah Paling Sulit di Indonesia, Info Buat Calon Maba!


Ilustrasi Kampus (Img: pexels.com by pexels.com) Perbesar

Ilustrasi Kampus (Img: pexels.com by pexels.com)

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menjadi salah satu pilihan bagi yang baru saja lulus SMA atau SMK. Selain menentukan kampus favorit pilihannya, memilih jurusan kuliah juga tidak kalah penting karena jika sampai salah pilih jurusan kuliah kedepannya nanti akan repot sendiri. Semua orang memang mempunyai berbagai alasan mengapa memilih program studi seperti prospek karir yang bagus, sesuai dengan minatnya dan lain-lain. Tahukah anda bahwa ada beberapa macam program studi yang ‘susah masuk dan susah keluar’?. Agar tidak penasaran simak pembahasan yang sudah di rangkum di bawah ini.

Jurusan Kuliah Matematika.

Jurusan Kuliah

Ilustrasi Matematika (img: pexels.com by nothing ahead).

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran paling susah di antara mata pelajaran lainnya sehingga membuat orang sedikit sungkan untuk mengambil jurusan ini. Untuk menguasai matematika ini dibutuhkan kerja keras, ketekunan, dedikasi serta ketelitian. Selama anda kuliah di bidang ini, anda akan mempelajari yang namanya geometri, aktuaria, aljabar, dan lain-lainya yang berhubungan dengan rumus, angka, hingga teori. Apabila anda suka dengan angka dan hitung-hitungan, bisa mencoba program studi ini.

Jurusan Farmasi.

Ilustrasi Farmasi (img: pexels.com by rf studio)

Program studi yang satu ini memiliki jumlah peminat yang cukup banyak. Jika anda memilih jurusan ini, anda akan banyak mempelajari tentang seluk bekuk obat-obatan mulai dari alami sampai sintetik. Selain obat-obatan, anda akan mempelajari matematika, fisika, kimia, biologi, tumbuhan obat, sampai dengan manajemen pemasaran. Oleh karena itu, jangan terkejut bila jurusan ini merupakan jurusan yang tersulit di indonesia bahkan di dunia.

Jurusan Teknik.

Ilustrasi Jurusan Teknik (img: pexels.com by field enginer).

Bila anda tertarik mengambil program studi ini harus ekstra sabar dan kuat. Karena jurusan ini mempelajari berbagai materi seperti fisika, statistik, kalkulus, biologi, dan geologi. Sebagian orang menyebut bahwa program studi ini juga cukup sulit memperoleh nilai tinggi. Bahkan saking susahnya ada yang sampai kena drop out oleh kampus. Meski terkenal susah, tetapi program studi ini mempunyai prospek kerja yang bagus untuk para lulusannya. Peluang kerjanya juga terbilang sangat luas sehingga banyak yang ingin mengambil program studi ini.

Jurusan Kuliah Arsitektur.

Jurusan Kuliah

Ilustrasi Arsitektur (img: pexels.com by andrea piacquadio)

Jurusan arsitektur ini juga menjadi salah satu jurusan paling sulit lainnya dari sekian banyaknya program studi. Program studi ini merupakan kombinasi antara seni serta teknik. Nantinya selama kuliah berlangsung, anda akan belajar banyak soal desain serta merancang konstruksi bangunan. Selain merancang dan mendesain konstruksi bangunan, anda juga akan mempelajari cara mendesain eksterior, interior, sampai mempelajari perencanaan kota. Meski banyak yang bilang jurusan ini merupakan yang tersulit, tetapi tidak sedikit yang berminat mengambil kuliah program studi arsitek karena mempunyai prospek karir yang baik.

Jurusan Kedokteran.

Ilustrasi Kedokteran (img: pexels.com by pixabay)

Meskipun minat terhadap jurusan kedokteran masih tinggi, tetapi tidak sedikit yang beranggapan bahwa kedokteran ini adalah jurusan paling sulit. Ada dua alasan mengapa kedokteran itu paling susah daripada yang lainnya? Yang pertama, jurusan ini memungkinkan anda mempelajari banyak hal seperti terkait ragam penyakit, sistem sampai penyakit yang menyerang tubuh manusia sehingga ketika nanti sudah selesai menempuh pendidikannya bisa memahami cara mencegah dan mendiagnosisi suatu penyakit. Yang kedua, ini terkait dengan durasi waktu anda kuliah. Biasanya jurusan lain memungkinkan anda bisa menyelesaikan rata-rata 4 tahun dan paling singkat 3,5 tahun. Namun, untuk jurusan kedokteran anda harus menyelesaikan setidaknya 5 sampai 6 tahun untuk memperoleh gelar dokter. Bahkan, sebelum seorang kedokteran membuka praktek harus melalui banyak tahapan seperti ujian sertifikasi, koas, hingga pendidikan spesialis.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi