Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 11 Des 2023 21:19 WIB ·

Jurusan Peternakan: Kenali Mata Kuliah serta Prospek Kerjanya


Ilustrasi Hewan Ternak (img: pexels.com by helena lopes) Perbesar

Ilustrasi Hewan Ternak (img: pexels.com by helena lopes)

Jika Anda merupakan seseorang yang menikmati dunia peternakan, tidak ada salahnya untuk mencoba mengejar pendidikan di bidang tersebut. Jurusan peternakan ternyata sangat menarik dan bisa menjadi pilihan yang bagus, terutama bagi mereka yang memiliki ketertarikan mendalam dalam dunia peternakan. Apalagi, jika Anda benar-benar menyukai peternakan, jurusan peternakan dapat menjadi pilihan yang mengarahkan Anda menuju kesuksesan.

Mungkin menarik bagi Anda yang penasaran dengan dunia peternakan bahwa anda sedang membahas tentang jurusan ini. Jadi, bagi anda yang penasaran tentang jurusan tersebut, mari kita bahas lebih lanjut mengenai jurusan ini, prospek karirnya, dan detailnya di bawah ini.

Apa itu Jurusan Peternakan?

Jurusan Peternakan

Ilustrasi Hewan Ternak (img: pexels.com by helena lopes)

Jurusan peternakan melibatkan pemahaman terhadap seluruh aspek yang terkait dengan hewan ternak, mencakup pemeliharaan, pengelolaan, pengembangan teknologi, dan aspek pemasaran. Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mendalami pengetahuan tentang pengembangan penelitian dengan memanfaatkan bioteknologi. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pemahaman dalam ilmu manajemen, teknik, dan gizi.

Maksud dari jurusan peternakan adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk berkarya secara mandiri dan produktif, baik di sektor swasta maupun lembaga pemerintah. Diharapkan bahwa lulusan dari jurusan peternakan dapat berkontribusi dalam bidang ilmu, penelitian, dan implementasinya.

Mata Kuliah Yang Di Ajarkan.

Ilustrasi ternak hewan (img: pexels.com by kailash kumar)

Apabila anda merasa penasaran dengan materi yang diajarkan dalam jurusan ini. Nah, sebenarnya, jurusan tersebut tidak hanya fokus pada aspek dasar beternak, melainkan mencakup berbagai aspek yang lebih luas.

Dalam jurusan tersebut, anda akan mendalami pengetahuan tentang pembuatan kandang peternakan yang sesuai standar, persyaratan konstruksi bangunan peternakan, serta dampak iklim dan lingkungan terhadap kesejahteraan ternak.

Pada tahap awal, anda akan mempelajari dasar-dasar, termasuk nutrisi ternak, jenis pakan, dan kemudian pada tingkat lanjut, akan membahas pengembangan teknologi pakan. Selain itu, anda juga akan memperdalam berbagai jenis hewan ternak, termasuk unggas, ternak perah, dan jenis hewan lainnya.

Prospek Kerja Jurusan Peternakan

Jurusan Peternakan

Ilustrasi Lahan Sawah (img: pexels.com by mehmet turgut)

Jurusan ini menjanjikan prospek yang sangat luas untuk masa depan. Apa saja pekerjaan yang bisa anda tekuni setelah lulus? Berikut adalah prospek karier bagi para lulusannya

  • Peternak

Mendalami aspek pertanian secara mendalam dapat membekali anda menjadi peternak yang terampil. Jurusan ini bertujuan membentuk mahasiswanya agar mampu merancang sistem kandang dan memiliki keahlian dalam manajemen ternak. Kesempatan yang menarik, bukan, untuk menjadi seorang peternak di masa yang akan datang?

  • Dosen

Pilihan karier sebagai dosen juga terbuka lebar bagi anda. Dosen dengan keahlian dalam ilmu peternakan sangat dicari di lingkungan perguruan tinggi untuk membimbing mahasiswa.

  • Ahli Bioteknologi

Dalam kurikulum jurusan ini, anda akan mempelajari berbagai bidang seperti fisika, kimia, biologi, genetika, dan teknologi. Gabungan pengetahuan ini dapat membantu membangun karier sebagai ahli bioteknologi yang terampil.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Mengenal Pantomim: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Dasar

18 Mei 2024 - 21:46 WIB

Mengenal Pantomim

Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian dan Ciri-cirinya

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kebijakan Fiskal Kontraktif

Manfaat Study Tour yang Bisa Didapatkan Siswa

15 Mei 2024 - 22:47 WIB

Manfaat Study Tour
Trending di Edukasi