Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 9 Jun 2022 17:00 WIB ·

Kampus Mengajar: Pengertian, Manfaat, dan Syarat Lengkapnya


Img: feb.umsu.ac.id Perbesar

Img: feb.umsu.ac.id

Sebagai mahasiswa pernahkah kalian mendengar istilah Kampus Mengajar? Nah, jika pernah, apakah kalian sudah tahu apa sebenarnya arti dari Kampus Mengajar itu? Jika belum, yuk, simak penjelasannya di bawah ini. Jangan sampai ter-skip atau terlewati ya karena akan ada pembahasan mengenai manfaat Kampus Mengajar dan informasi selengkapnya terkait Kampus Mengajar ini, lho!

 

Pengertian

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memperluas kompetensi yang mahasiswa miliki dengan memberi sebuah kesempatan untuk mahasiswa belajar di luar kelas dengan memberikan asistensi kepada guru atau tenaga kependidikan di tingkat pendidikan dasar.

Program ini merupakan sebuah program yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi selama 1 semester. Dengan program ini, mahasiswa diharapkan dapat memberikan pengabdian kepada masyarakat melalui ilmu dan keterampilan yang mahasiswa miliki. Selain itu, mahasiswa dapat pula memberi inspirasi kepada para siswa-siswi pada tingkat pendidikan dasar tersebut untuk memperluas cita-cita dan wawasan mereka.

 

Manfaat

Dengan mengikuti program ini kamu akan mendapatkan segudang manfaat yang 3 di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Berkesempatan untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan pembelajaran literasi, numerasi, serta adaptasi teknologi pada tingkat pendidikan dasar, yaitu SD dan SMP
  2. Mengasah soft skill, seperti leadership, kreativitas, problem solving, dan lain sebagainya.
  3. Mendapatkan bantuan biaya hidup dan UKT (bagi mahasiswa yang tidak sedang menerima bantuan dari pemerintah lainnya)

 

Persyaratan

  1. Mahasiswa aktif dari Program Studi S1 dan vokasi Perguruan Tinggi (Negeri dan Swasta) yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan (PTS) di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, & Teknologi. 
  2. Minimal berada di semester 4 (empat) pada tahun mendaftar
  3. IPK minimal 3 (skala 4)
  4. Berasal dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi
  5. Berasal dari Program Studi yang minimal terakreditasi B

Untuk persyaratan dan informasi selengkapnya bisa kalian akses melalui web resmi Kampus Mengajar, yaitu https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar 

 

Nah, itulah pemaparan terkait Kampus Mengajar yang merupakan bagian dari program MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Setelah mengetahui pengertian, manfaat, serta cuplikan persyaratan umumnya, sudahkah kamu tertarik untuk mengikuti program ini? Nah, jika kalian masih berada di bawah semester 4 (empat), kalian tidak perlu berkecil hati. Kalian bisa menambah pengetahuan, skill, serta prestasi untuk menyiapkan pendaftaraan program Kampus Mengajar ini di tahun berikutnya. 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 508 kali

Baca Lainnya

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game

Tanda Orang Yang Punya Mental Juara, Kamu Salah Satunya?

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Trending di Edukasi