Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 10 Jan 2024 22:30 WIB ·

Kampus Swasta Terbaik Semarang Versi EduRank


Ilustrasi Unissula (img: unissula.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Unissula (img: unissula.ac.id)

Semarang, sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah, menjadi pusat pertumbuhan dan perkembangan pendidikan tinggi di wilayah tersebut. Kehadiran berbagai perguruan tinggi swasta di kota ini berikan kontribusi besar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan berkualitas. Dalam upaya memberikan panduan kepada calon mahasiswa, Edurank, lembaga pemeringkat pendidikan, merilis daftar Kampus Swasta Terbaik di Semarang. Inilah beberapa kampus yang berhasil menonjol dalam peringkat tersebut.

Kampus Swasta Terbaik Semarang, Universitas Katolik Soegijapranata

Ilustrasi Unika (img: unika.ac.id)

Pertama, Universitas Katolik Soegijapranata menjadi salah satu kampus terbaik versi Edurank dengan penilaian tinggi. Kampus yang di dirikan pada tahun 1982 tepatnya tanggal 5 agustus ini telah berhasil integrasikan teknologi modern ke dalam metode pembelajaran seperti Learning Management System yang sudah ada sejak tahun 2009 serta menciptakan suasana belajar yang dinamis hingga interaktif. Dengan ini, mahasiswa yang ada di universitas tersebut tidak hanya belajar di kampus, tetapi bisa di rumah selama koneksi internet memadai.  Kampus tersebut mempunyai akreditasi A yang di dapatkan sejak 26 Januari 2017 lalu.

Kampus Swasta Terbaik Sematang, Universitas Islam Sultan Agung

Kampus Swasta Terbaik Semarang

Ilustrasi Unissula (img: unissula.ac.id)

Universitas Islam Sultan Agung atau biasa di sebut UNISULA menempati posisi kedua dalam peringkat Edurank berkat penekanannya pada penelitian dan pengembangan. Pada tahun 1962, kampus mendirikan fasilitas lengkap seperti masjid Abu Bakar Assegaf, Halal Center, perpustakaan, dan laboratorium. Selain itu, kampus ini memiliki 11 fakultas serta 40 prodi mulai dari D3 hingga S3.

Universitas Dian Nuswantoro

Ilustrasi Universitas Dian Nuswantoro (img: id.m.wikipedia.org)

Universitas Dian Nuswantoro menjadi kampus selanjutnya yang berada di urutan teratas versi  Edurank. Kampus yang di dirikan pada tahun 1990 ini tidak hanya menekankan aspek akademis, tetapi juga memberi perhatian khusus pada persiapan karir mahasiswa. Dengan bimbingan karir yang baik, magang industri, dan jaringan alumni yang kuat membuatnya membantu mereka untuk memasuki dunia kerja dengan kepercayaan diri dan keterampilan yang di perlukan.

Universitas Semarang

Ilustrasi Universitas Semarang (img: usm.ac.id)

Kampus terbaik semarang berikutnya ialah Universitas Semarang. Universitas yang di dirikan pada tahun 1987 ini memiliki 6 Fakultas yang terdiri dari fakultas ekonomi, hukum, teknik, psikologi, teknologi informasi hingga program pascasarjana. Selain itu, universitas semarang ini memiliki beberapa program pengembangan soft skill seperti Pusat Program Kreativitas Mahasiswa atau PPKM yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswanya. Ada juga program lain seperti Entrepreneurship Development Center yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa wirausaha bagi mahasiswa.

Universitas Muhammadiyah Semarang

Ilustrasi Universitas Muhammadiyah Semarang (img: unimus.ac.id)

Dan yang terakhir ada Universitas Muhammadiyah Semarang. Pada 4 Agustus 1999, universitas mendirikan tujuh fakultas dan program pascasarjana. Adapun fasilitas yang di miliki seperti laboratorium dan perpustakaan. Fasilitas non akademik lainnya seperti pusat kegiatan mahasiswa, sarana olahraga, hingga gedung serba guna.

Iulah pembahasan mengenai kampus swasta terbaik semarang versi EduRank. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri di perguruan tinggi swasta.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi