Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

kampus · 13 Okt 2023 21:33 WIB ·

Kampus Terbaik Indonesia Versi Webometrik, ITB Diposisi ke Tiga


Ilustrasi Kampus ITB (img: itb.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Kampus ITB (img: itb.ac.id)

Bagi anda yang berminat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, langkah awal yang harus di lakukan ialah dengan menentukan universitas. Memilih universitas memang tidak mudah karena harus menyesuaikan berbagai kondisi seperti keuangan, jarak antara rumah dengan kampus, hingga minat dan bakat. Nah, dalam artikel ini akan membahas mengenai universitas terbaik versi webometric.

Namun, sebelum itu kita perlu mengetahui apa itu webometric. Webometric adalah sebuah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia. Adapun lembaga lainnya seperti edu rank hingga QS World. Dan perlu di pahami bahwa setiap lembaga memiliki penilaian yang beragam. Webometric memiliki penilaian berdasarkan tiga indikator yaitu impact, openness, dan excelent. Impact berguna untuk mengetahui seberapa banyak orang mereferensikan website perguruan tinggi tersebut. Openness digunakan jika file yang terkoneksi dengan website universitas bisa di akses oleh orang banyak. Dan excellent di gunakan untuk mengetahui berapa banyak artikel ilmiah yang sudah di upload dan di publikasikan.

Kampus UI (Universitas Indonesia).

Kampus UI

Ilustrasi Logo Universitas Indonesia (img: fisip.ui.ac.id)

Universitas indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi negeri idaman dan favorit semua kalangan. Akan tetapi, tidak semua orang bisa masuk ke universitas ini lantaran berbagai faktor. Bicara soal peringkat universitas terbaik, UI masih menjadi perguruan tinggi terbaik di indonesia dengan posisi pertama versi webometric. Sedangkan untuk peringkat dunia, UI berada di posisi 561.

Kampus UGM (Universitas Gajah Mada).

Ilustrasi Kampus UGM (img: ugm.ac.id)

Selain universitas indonesia, perguruan terbaik kedua ialah Universitas Gajar Mada. Kampus yang berlokasi di jogja ini berdiri pada tahun 1949 tepatnya 19 desember. Di peringkat dunia, UGM berada di posisi 694. Tidak hanya membuka program sarjana saja, UGM juga membuka sarjana terapan atau vokasi yang di laksanakan oleh 18 fakultas serta 1 sekolah vokasi yang mana secara keseluruhan ada 93 jurusan.

Institut Teknologi Bandung.

Kampus Terbaik

Ilustrasi Kampus ITB (img: itb.ac.id)

Posisi ketiga universitas terbaik versi webometric ialah Institut Teknologi Bandung. Universitas yang memiliki julukan “Kampus Cap Gajah” ini berdiri pada tahun 1959 di tanggal 2 maret dan berlokasi di bandung. Di peringkat dunia, ITB berada di posisi 786 dan menjadi perguruan tinggi teknik pertama di indonesia sekaligus lembaga pendidikan pertama pada jaman hindia belanja. Adapun beberapa tokoh yang berstatus alumni ITB salah satunya presiden RI ke 3 yaitu BJ Habibie.

Universitas Brawijaya.

Ilustrasi Universitas Brawijaya (img: ub.ac.id)

Di peringkat ke empat universitas terbaik versi webometric ialah universitas brawijaya. Universitas Brawijaya berdiri pada tahun 1963 di Malang, Jawa Timur. Presiden pertama saat itu Ir. Soekarno memberi nama brawijaya dengan harapan bisa gemilang seperti Raden Wijaya yang merupakan pendiri kerajaan majapahit serta menjadi kampus kebanggaan seluruh masyarakat indonesia. Universitas Brawijaya berada di empat lokasi yaitu di malang, kota kediri, puncak dieng hingga jakarta.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 76 kali

Baca Lainnya

Tanpa Skripsi, Berikut Syarat Kelulusan di Universitas Terbuka

22 Mei 2024 - 20:01 WIB

Tanpa Skripsi

Universitas Terbuka: Sejarah Kampus Pelopor Belajar Jarak Jauh

22 Mei 2024 - 16:01 WIB

Universitas Terbuka

Kelebihan Telkom University dengan Kampus Lain

10 Mei 2024 - 21:39 WIB

Jurusan Kuliah

Kelebihan Kuliah di Universitas Terbuka Yang Perlu Di Ketahui

9 Mei 2024 - 21:35 WIB

Universitas Terbuka

Jurusan Kuliah Dengan Double Degree di Telkom University

17 April 2024 - 18:55 WIB

Jurusan Kuliah

Universitas Terbuka Naik Peringkat versi Webometrics 2024

22 Maret 2024 - 11:31 WIB

Universitas Terbuka
Trending di kampus