Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 28 Des 2023 21:08 WIB ·

Kartu Rencana Studi: Pengertian dan Perbedaannya Dengan SKS


Ilustrasi Pengisian KRS (img: pexels.com by pixabay) Perbesar

Ilustrasi Pengisian KRS (img: pexels.com by pixabay)

Kartu Rencana Studi (KRS) dan Satuan Kredit Semester (SKS) adalah dua konsep penting dalam sistem pendidikan tinggi. Keduanya berperan dalam membantu mahasiswa merencanakan dan mengevaluasi perkembangan akademis mereka. Namun, keduanya memiliki perbedaan mendasar yang perlu di pahami.

Pengertian Kartu Rencana Studi (KRS)

Kartu Rencana Studi

Ilustrasi Pengisian KRS (img: pexels.com by pixabay)

KRS adalah dokumen yang di gunakan oleh mahasiswa untuk mendaftar mata kuliah yang akan diambil selama satu semester akademik. Dokumen ini mencakup daftar mata kuliah, jumlah SKS yang di ambil, dan jadwal perkuliahan. KRS membantu mahasiswa dan lembaga pendidikan mengatur dengan baik proses belajar-mengajar.

KRS tidak hanya berfungsi sebagai alat pendaftaran, tetapi juga sebagai panduan bagi mahasiswa dalam merencanakan perjalanan akademis mereka. Dengan menyusun KRS, mahasiswa dapat memastikan bahwa mereka mengambil mata kuliah yang sesuai dengan program studi mereka dan memenuhi persyaratan kelulusan.

Pengertian Satuan Kredit Semester (SKS)

Ilustrasi Menghitung Jumlah SKS (img: unair.ac.id)

SKS merupakan satuan pengukuran beban studi mahasiswa. Satu SKS umumnya setara dengan jumlah jam tatap muka atau kegiatan belajar lainnya dalam satu minggu selama satu semester. Beban studi yang diambil oleh mahasiswa diukur dalam SKS, dan program studi biasanya memiliki jumlah SKS minimum yang harus di penuhi untuk mencapai gelar tertentu.

SKS memberikan gambaran tentang seberapa banyak pekerjaan akademis yang di ambil oleh mahasiswa dalam satu waktu. Misalnya, sebuah mata kuliah mungkin memiliki bobot SKS yang berbeda tergantung pada kompleksitas dan intensitas waktu yang di butuhkan untuk menyelesaikannya.

Perbedaan Antara Kartu Rencana Studi dan Satuan Kredit Semester

 

Perbedaan utama antara KRS dan SKS adalah pada fungsinya. KRS adalah dokumen perencanaan yang di gunakan untuk mendaftarkan mata kuliah, sedangkan SKS adalah satuan pengukuran beban studi yang menentukan seberapa besar pekerjaan akademis yang di ambil oleh mahasiswa.

Dalam KRS, mahasiswa merinci mata kuliah apa yang akan di ambil, jadwal perkuliahan, dan jumlah SKS untuk setiap mata kuliah. Sebaliknya, SKS mencerminkan total beban studi yang di ambil oleh mahasiswa dalam satu semester.

Dengan kata lain, KRS adalah alat perencanaan yang membantu mahasiswa merencanakan studi mereka, sementara SKS adalah ukuran kuantitatif dari beban studi yang di ambil oleh mahasiswa. Keduanya saling melengkapi dalam memastikan mahasiswa memahami dan mematuhi persyaratan akademis yang telah di tetapkan oleh institusi pendidikan tinggi.

Dengan memahami perbedaan antara KRS dan SKS, mahasiswa dapat mengoptimalkan perencanaan studi mereka dan menjalani perjalanan akademis dengan lebih terstruktur dan efisien.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi