Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 26 Mar 2024 18:31 WIB ·

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop


Ilustrasi Perangkat Laptop di Charge (img: acer id) Perbesar

Ilustrasi Perangkat Laptop di Charge (img: acer id)

Dalam era digital ini, laptop telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mereka adalah alat penting yang membantu kita dalam pekerjaan, pendidikan, dan hiburan. Namun, terlepas dari seberapa canggihnya laptop yang Anda miliki, baterai adalah komponen yang rentan dan perlu dijaga dengan baik. Kebiasaan sepele yang sering kita lakukan tanpa disadari bisa menjadi penyebab utama kerusakan baterai laptop. Berikut adalah beberapa kebiasaan sepele yang bisa membuat baterai laptop cepat rusak

Penggunaan Charger yang Tidak Sesuai

Kebiasaan Sepele

Ilustrasi Laptop (img: pexels.com by cytonn photograph)

Salah satu kesalahan umum yang sering di lakukan adalah menggunakan charger yang tidak sesuai dengan laptop. Setiap laptop memiliki spesifikasi tegangan dan arus listrik yang berbeda. Penggunaan charger yang tidak cocok bisa merusak baterai karena terlalu banyak atau terlalu sedikit daya yang di suplai.

Kebiasaan Menggunaan Laptop Saat Di charge

Kebiasaan Sepele

Ilustrasi Perangkat Laptop di Charge (img: acer id)

Seringkali kita terjebak dalam kegiatan yang membutuhkan laptop tanpa memperhatikan status baterai. Menggunakan laptop saat sedang dicharge dapat meningkatkan suhu laptop secara drastis, yang dapat merusak baterai dan komponen lainnya. Lebih baik tunggu hingga baterai terisi penuh sebelum menggunakan laptop.

Meninggalkan Laptop dalam Kondisi Overheat

Kebiasaan Sepele

Ilustrasi Overhead (img: wara komputer)

Suhu yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel baterai laptop. Kebiasaan meninggalkan laptop di tempat yang panas seperti di dalam mobil atau di dekat sumber panas lainnya dapat mempercepat proses degradasi baterai.

Tidak Menggunakan Baterai Secara Berkala

Kebiasaan Sepele

Ilustrasi Baterai (img: jmc it consultant)

Baterai laptop perlu di gunakan secara berkala untuk menjaga kinerjanya. Jika laptop selalu terhubung ke sumber daya listrik tanpa pernah menggunakan baterai, sel-sel baterai bisa menjadi tidak aktif dan menyebabkan kapasitas baterai menurun.

Kebiasaan Overcharging

Ilustrasi Di charger (img: hp.com)

Kebiasaan meninggalkan laptop terhubung ke charger setelah baterai terisi penuh dapat merusak baterai dalam jangka panjang. Overcharging dapat menyebabkan baterai mengalami tekanan yang berlebihan dan mempercepat proses degradasi.

Kebiasaan Mengabaikan Perawatan Baterai Meski Sepele

Ilustrasi Perawatan Baterai (img: pexels.com by pixabay)

Baterai laptop perlu di rawat dengan baik agar tetap dalam kondisi optimal. Hal ini termasuk membersihkan konektor baterai secara berkala dan menghindari paparan cairan atau kelembaban yang dapat merusak baterai.

Tidak Mematikan Laptop Saat Tidak Di gunakan

Ilustrasi Cas Leptop (img: asani)

Kebiasaan meninggalkan laptop dalam keadaan standby atau sleep mode dapat terus menguras daya baterai secara perlahan. Lebih baik matikan laptop sepenuhnya saat tidak di gunakan untuk menghindari konsumsi daya yang tidak perlu.

Kebiasaan Membiarkan Baterai Habis Terlalu Sering meski Sepele

 

Mengabaikan indikator baterai rendah dan terus menggunakan laptop hingga baterai habis sepenuhnya dapat merusak sel-sel baterai. Sebaiknya, isi ulang baterai saat indikator menunjukkan tingkat baterai rendah untuk memperpanjang umur baterai.

 

Untuk menjaga kesehatan baterai laptop, penting bagi pengguna untuk menyadari kebiasaan sepele yang dapat merusak baterai. Dengan memperhatikan praktik-praktik yang di sebutkan di atas, kita dapat memperpanjang umur baterai laptop dan menjaga kinerja perangkat dalam jangka waktu yang lebih lama. Kesadaran akan pentingnya perawatan baterai adalah langkah pertama dalam menjaga laptop tetap berjalan lancar dan efisien dalam penggunaannya.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS

Cara Hilangkan Iklan Di Ponsel Yang Muncul Tiba-Tiba

6 Maret 2024 - 14:41 WIB

Tips Menghilangkan Iklan
Trending di Teknologi