Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 30 Jun 2022 14:00 WIB ·

5 Kesalahan Mahasiswa yang Paling Sering Dilakukan


Img: unsplash.com - Char;es Deloye Perbesar

Img: unsplash.com - Char;es Deloye

Menjadi mahasiswa adalah sebuah kehormatan yang tidak bisa semua orang miliki. Namun, sadarkah kalian bahwa ada beberapa kesalahan yang sering mahasiswa lakukan? Kesalahan-kesalahan itu bisa memberi dampak secara langsung maupun tidak langsung pada masa depan perkuliahan, lo! Yuk, simak 7 kesalahan mahasiswa yang paling sering dilakukan!

 

1. Lupa mengisi presensi

Kesalahan ini mungkin terdengar sepele, tetapi dengan terus melakukan kesaahan ini kamu bisa-bisa menunda waktu kelulusanmu, lo! Nah, kok bisa? Dengan kebiasaan lupa mengisi kehadiran atau presensi, maka nilai kehadiranmu akan kurang dan jika kurang dari presentase yang telah perguruan tinggi tetapkan, kamu bisa tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ujian akhir semester dan mau tidak mau harus mengulang mata kuliah tersebut. Ngeri juga, ya!

 

2. Tidak aktif dalam kelas

Seperti yang kita ketahui bersama, selain nilai ujian dosen juga memiliki kolom tersendiri untuk nilai keaktifan. Namun, masih banyak mahasiswa yang tidak berani aktif di dalam kelas. Nah, dengan nilai keaktifan yang kurang, maka nilai kamu pun akan turut mendapat pengurangan, lo! Sebagai catatan, keaktifan di dalam kelas tidak hanya berdampak pada nilai di atas kertas saja, tetapi juga berpengaruh pada kemampuan diri sendiri. Dengan aktif di dalam kelas, kamu sama saja seperti melatih kemampuan public speaking. Jadi, yuk, coba mulai aktif di dalam kelas!

 

3. Kurang membuka pertemanan

Kesalahan berikutnya adalah tidak membuka pertemanan seluas-luasnya. Patut kalian ingat bahwa di dunia perkuliahan kalian akan bertemu dengan berbagai jenis mahasiswa dan kalian harus berhati-hati dalam memilih teman yang sekiranya dapat memberi dampak positif untuk kemajuan diri kalian. Akan tetapi, bukan berarti kalian harus mengurangi frekuensi berbaur dengan mahasiswa lain ya.

 

4. Tidak aktif di luar maupun dalam kampus

Perkuliahan tidak hanya perihal nilai di atas kertas. Bukan pula sekadar gelar cum laude dengan IPK tertinggi. Perkuliahan juga tentang mencari relasi, mengidentifikasi minat dan bakat diri sendiri, dan masih banyak lagi. Karena itulah, kamu perlu aktif di luar, di dalam, atau di luar dan dalam kampus.

 

5. Terlalu sibuk dengan kegiatan di luar perkuliahan

Masalah berikutnya yang paling sering terjadi pada mahasiswa adalah terlalu sibuk dengan kegiatan di luar perkuliahan. Aktif di luar perkuliahan memang baik, tetapi bukan berarti itu membenarkan penyelewengan yang terjadi karena terlalu aktif di luar perkuliahan, ya! Penyelewengan yang biasa terjadi adalah mangkir dari tugas individu atau kelompok demi mengurus kegiatan organisasi atau komunitas yang berada di luar perkuliahan.

Nah, itulah 5 kesalahan mahasiswa yang paling sering dilakukan. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 58 kali

Baca Lainnya

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah, Ini Penyebabnya!

1 Maret 2024 - 22:08 WIB

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan

Mengenal Istilah Silent Layoff, Istilah Yang Populer di Dunia Kerja

1 Maret 2024 - 21:28 WIB

Silent Layoff

Ide Ngabuburit Yang Cocok Dilakukan Saat Bulan Puasa

29 Februari 2024 - 21:08 WIB

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Ide ngabuburit

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi