Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 12 Jul 2022 12:00 WIB ·

Yuk, Intip Kesibukan Mahasiswa Berdasarkan Semesternya!


Img: pixabay.com -  Nikolay Georgiev Perbesar

Img: pixabay.com - Nikolay Georgiev

Sebagai mahasiswa, kita pasti memiliki kesibukan yang beragam. Namun, tahukah kamu bahwa kesibukan umum yang mahasiswa miliki dapat kita lihat berdasarkan semesternya? Wah, kira-kira bagaimana ya pembagian kesibukan mahasiswa berdasarkan semester ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah!

 

1. Semester 1-2

Pada semester ini, biasanya mahasiswa yang masih berstatus maba atau mahasiswa baru masih memiliki kesibukan dengan pengenalan lingkungan kampus. Tidak hanya itu, maba juga cenderung menghabiskan waktunya untuk belajar beradaptasi dengan lingkungan dan situasi kampus. Selain itu, pada masa awal kuliah, ambisi untuk mendapatkan IP sempurna masih membara. Hal itu mendapat dukungan dari mata kuliah semester-semester awal yang masih bersifat dasar dan jumlah SKS perkuliahan pun masih belum padat. Jadi, pada semester awal ini masih relatif mudah untuk mendapatkan IPK tinggi. Pada semester ini, biasanya fokus mahasiswa masih berkutat pada kuliah, bermain, dan penampilan diri.

 

2. Semester 3-4

Mahasiswa pada semester ini sudah mulai aktif atau sedang aktif-aktifnya dalam kegiatan di luar perkuliahan, seperti UKM, organisasi, atau komunitas. Pada momen inilah, mahasiswa memanfaatkannya untuk memperlebar jaringan, relasi, pengalaman, serta koneksi. Di sisi lain, perkuliahan yang ada pada semester ini mulai padat dengan mata kuliah yang tak lagi relatif mudah seperti semester berikutnya. Pada semester ini pula, mahasiswa sangat membutuhkan keterampilan mengatur waktu yang baik untuk membagi waktu kuliah dan kegiatan di luar perkuliahan.

 

3. Semester 5-6

Kegiatan-kegiatan seperti PKL atau magang sudah mulai menghantui mahasiswa semester ini. Adanya kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mempraktikkan keterampilan yang ia miliki dan kegiatan-kegiatan ini bersifat wajib untuk mahasiswa ikuti. Dengan kegiatan seperti PKL atau magang, mahasiswa dapat mengenal lebih awal bagaimana dunia kerja profesional, sehingga saat lulus nanti ia sudah berada dalam kondisi siap.

 

4. Semester 7-8

Berikutnya, pada semester 7-8 biasanya mahasiswa akan sibuk dengan kegiatan KKN dan menyiapkan skripsi sebagai syarat kelulusannya. Selama kegiatan KKN, mahasiswa akan sibuk dengan pendaftaran program, pencarian tempat untuk pelaksanaan program, hingga menyusun laporan hasil program KKN. Setelah itu, mahasiswa akan mulai menghadapi skripsi di semester berikutnya. 

 

Itulah kesibukan mahasiswa berdasarkan semesternya. Namun, itu adalah timeline yang berlaku untuk sebagian besar mahasiswa. Jika kamu tidak mengikuti timeline tersebut, bukan masalah besar, lo! Kamu bisa menetapkan sendiri timeline yang cocok untuk kamu sebagai mahasiswa. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2,330 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi