Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 4 Nov 2022 18:00 WIB ·

Khasiat Seledri yang Belum Banyak Orang Tau


Img: Pexels/Anna Shvets Perbesar

Img: Pexels/Anna Shvets

Khasiat Seledri yang Belum Banyak Orang Tau –Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Seledri, anggota keluarga Apiaceae, mengandung vitamin A, B, C, dan K yang dibutuhkan tubuh manusia. Maka tak heran jika banyak orang menggunakan seledri sebagai bahan makanan, termasuk sop ayam. Seledri selain menyehatkan, menambah cita rasa sup yang nikmat.

Menurut situs Healthline, seledri mengandung senyawa antioksidan apigenin dan luteolin. Kandungan senyawa ini membantu dalam pencegahan kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas.

Selanjutnya, seledri mengandung fitonutrien anti-inflamasi yang tinggi. Mengkonsumsi seledri setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Khasiat seledri yang belum banyak orang tau (Healthline)

Menurunkan tekanan darah tinggi

Seledri mengandung senyawa fitokimia yang disebut phthalates dan flavonoid. Menurut para ahli, senyawa ini dapat melebarkan (menghaluskan urin) dan melebarkan pembuluh darah (vasodilator), sehingga mengurangi beban kerja pada jantung.

Tak hanya itu, seledri merupakan jenis sayuran yang tinggi serat. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu menjaga tekanan darah kamu tetap stabil.

Menurunkan kolesterol

Khasiat seledri berikut ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seledri mengandung konsentrasi tinggi senyawa 3-n-butylphthalide (BuPh), yang dapat menghambat pembentukan kolesterol jahat. Selanjutnya kandungan 3-n-butylphthalide memiliki kemampuan untuk mengatasi kadar lemak darah.

Membantu mengontrol gula

Seledri dapat membantu kamu mengontrol kadar gula darah kamu selain menurunkan kolesterol kamu. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan daun seledri secara signifikan dapat menurunkan kadar glukosa darah, bahkan hingga 20%.

Sebagai anti inflamasi

Seledri memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Ada zat dalam seledri yang disebut fitonutrien yang membantu menjaga tubuh agar tidak mengalami peradangan.

Zat ini juga berfungsi sebagai antioksidan, membantu tubuh kita dalam mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika molekul dalam tubuh menjadi tidak stabil dan menghasilkan molekul radikal bebas.

Memiliki efek alkasisasi

Seledri juga kaya akan mineral seperti magnesium, zat besi, dan natrium, yang memiliki efek alkali. Alhasil, kandungan tersebut bisa menetralkan makanan asam di dalam tubuh.

Mengkonsumsi seledri setiap hari dapat membantu menyeimbangkan asam tubuh dan menjaga tubuh dalam keadaan basa.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation
Trending di Tips dan Trik