Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 30 Sep 2023 13:20 WIB ·

Kuliah di Kampus Swasta, Ini Tips Yang Perlu Diketahui.


Img: pexels.com Perbesar

Img: pexels.com

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menjadi hal yang paling di inginkan oleh lulusan SMA atau SMK. Beberapa di antaranya sudah menargetkan ingin masuk ke kampus favorit seperti kuliah di kampus negeri atau PTN. Tetapi, tidak semua orang bisa study di kampus negeri dan sebagian ada yang memutuskan kuliah di kampus swasta. Sebelum memilih perguruan tinggi swasta mana yang akan anda pilih, pastikan bahwa perguruan tinggi tersebut yang terbaik dan jangan sampai salah pilih. Sebenarnya, perguruan tinggi swasta tidak baiknya dengan perguruan tinggi negeri. Berikut ini ada beberapa tips memilih perguruan tinggi swasta terbaik dan sesuai dengan yang anda inginkan.

Perhatikan Akreditasi Kampus Tujuan Anda Kuliah Nanti.

Tips yang pertama ialah perhatikan akreditasi kampus yang nantinya akan menjadi tempat anda berkuliah. Ini penting sekali agar anda dapat mengetahui seberapa baik kualitas perguruan tinggi tersebut. Nilai akreditasi ada dua yaitu A yang artinya sangat baik dan B yang artinya baik. Untuk mengetahui akreditasi kampus tujuan anda bisa di lihat dari laman resmi BAN-PT.

Perhatikan Akreditasi Jurusan.

Ilustrasi Mahasiswa Jurusan – Img by freepik/tirachardz

Selain akreditasi kampus, perhatikan juga akreditasi jurusan atau program studi. Walaupun kampus swasta memiliki akreditasi yang baik tetapi tidak semua jurusan memiliki akreditasi yang baik. Biasanya, untuk jurusan baru belum memperoleh nilai akreditasi. Maka dari itu, pastikan bahwa kampus swasta yang anda tuju mempunyai akreditasi minimal B atau baik.

Ketahui Biaya Kuliah.

Setiap kampus memiliki biaya kuliah yang bervariasi. Dan biasanya, kampus swasta yang sudah punya nama biayanya jauh lebih mahal ketimbang kampus yang belum mempunyai nama besar. Tetapi, tidak sedikit kampus yang memberi biaya studi yang terjangkau. Biaya perkuliahan ini terdiri dari biaya per semester, biaya sks, buku, dan lain-lain. Sesuaikan biaya dengan kemampuan keuangan anda dan bila bisa di cicil sebaiknya di cicil saja. Tetapi, jika itu di rasa masih sulit coba ajukan beasiswa saja.

Perhatikan Lokasi Universitas.

Tips yang tidak kalah ketinggalan ialah lokasi universitas. Agar tidak banyak memakan ongkos sebaiknya cari kampus yang lokasinya tidak jauh dari rumah. Dengan cara ini anda bisa menghemat biaya dari pada anda harus keluar ongkos banyak untuk berangkat ke kampus.

Sarana dan Prasarana.

Meskipun kuliah anda di kampus swasta bukan berarti anda mengabaikan sarana dan prasarana. Ini merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung proses perkuliahan anda. Misalnya, anda memilih jurusan kedokteran dan lihat apakah fasilitas program studi tersebut memiliki sarana yang mendukung atau tidak. Selain sarana, perhatikan juga prasarana lainnya seperti kantin, toilet, perpustakaan, hingga tempat ibadah.

Itulah pembahasan mengenai tips memilih kampus swasta. Semoga ini bisa membantu anda dalam memilih kampus PTS sesuao dengan apa yang di inginkan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik