Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 28 Nov 2023 20:04 WIB ·

Kuliah Jurusan Hukum? Ini Yang Akan Dipelajari


Ilustrasi Hukum Pidana (img: pexels.com by ekaterina bolovsova) Perbesar

Ilustrasi Hukum Pidana (img: pexels.com by ekaterina bolovsova)

Dalam jurusan hukum, kita akan mendalami berbagai aspek yang berkaitan dengan sistem hukum, termasuk pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip dasar, prosedur hukum, serta peran hukum dalam menjaga keadilan dan ketertiban dalam masyarakat. Melalui mata kuliah yang beragam, kita akan mempelajari kukiah jurusan hukum yang relevan, memahami landasan filosofisnya, dan mengembangkan keterampilan analitis serta interpretatif yang sangat di perlukan dalam karier di bidang hukum.

Kuliah Jurusan Hukum Akan Pelajari Hukum Pidana

Kuliah Jurusan Hukum

Ilustrasi Hukum Pidana (img: pexels.com by ekaterina bolovsova)

Pertama yang akan anda pelajari ialah hukum pidana. Hukum pidana merupakan komponen kurikulum yang harus di tempuh dalam Jurusan Hukum. Fokus dari mata kuliah ini adalah mengeksplorasi peraturan yang terkait dengan tindakan kejahatan sosial atau kriminal. Dengan demikian, hukum pidana melibatkan peran aparatur negara, seperti polisi, dalam menangani kasus-kasus tersebut.

Di sisi lain, perkuliahan ini peserta didik akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang kriminalitas dan masalah sosial, serta cara penyelesaiannya berdasarkan aspek-aspek hukum pidana. Materi yang di bahas mencakup berbagai kasus, mulai dari pencurian, pembunuhan, penipuan, pemerkosaan, dan sejenisnya.

Kuliah Jurusan Hukum Pelajari Hukum Perdata

Kuliah Jurusan Hukum

Ilustrasi Hukum Perdata (img: pexels.com by sora shimazaki)

Sementara itu, materi kedua yang di ajarkan kepada mahasiswa Jurusan Hukum adalah hukum perdata. Dalam perkuliahan ini, perhatian difokuskan pada aspek hukum yang berkaitan langsung antara pihak-pihak tertentu, tanpa melibatkan kepentingan masyarakat secara umum. Pemahaman mendalam terhadap mata kuliah ini sangat bermanfaat bagi mereka yang bercita-cita menjadi notaris atau menggeluti profesi yang terkait dengan proses legalisasi.

Hukum Administrasi Negara

Ilustrasi Hukum Administrasi (img: pexels.com by matthias zomer)

Selanjutnya dalam kurikulum ini, peserta didik akan mengeksplorasi topik-topik terkait penanganan hukum administrasi. Contohnya, ketika seseorang ingin mengurus izin, sertifikat, atau menghadapi situasi di mana pejabat atau pegawai negeri sipil (PNS) mengalami pemberhentian.

Digital Forensik

Kuliah Jurusan Hukum

Ilustrasi Digital Forensik (img: telkomuniversity.ac.id)

Terakhir, Mata kuliah ini termasuk dalam kurikulum 2019 dan di sebut sebagai Digital Forensik. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari mengenai jejak digital individu dalam konteks kasus kejahatan, seperti penipuan di dunia maya yang mungkin di akui atau di sangkal oleh seseorang. Mata kuliah ini menggabungkan aspek hukum dan teknologi, memungkinkan kerjasama antara tim pengajar yang memiliki latar belakang dalam bidang hukum dan teknik informatika untuk mendukung proses pembelajaran.

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 43 kali

Baca Lainnya

Fungsi Sertifikat UTBK SNBT 2024, Daftar PTN hingga Beasiswa

13 Juni 2024 - 20:37 WIB

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game
Trending di Edukasi