Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 15 Okt 2023 00:24 WIB ·

Kuliah Online vs Kuliah Offline, Mana Yang Lebih Efektif?


Iluatrasi Kuliah Online (Img: pexels.com by katerina holmes) Perbesar

Iluatrasi Kuliah Online (Img: pexels.com by katerina holmes)

Belajar adalah suatu kunci keberhasilan seseorang dalam kehidupan apalagi yang berorientasi kepada ilmu pengetahuan dan karir. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat semua aktivitas di lakukan secara online salah satunya adalah aktivitas belajar. Baik di sekolah maupun di perguruan tinggi, belajar secara daring mulai populet ketika indonesia memasuki masa pandemi covid 19 pada 2020 lalu. Sebenarnya aktivitas seperti ini lebih fleksibel karena anda tidak perlu datang ke sekolah atau universitas untuk belajar yang penting memiliki kuota internet yang cukup. Pada pembahasan ini akan menjelaskan apa saja kelebihan kuliah secara online ketimbang secara offline.

Kelebihan Kuliah Online.

Belajar secara daring baik itu di sekolah maupun universitas mempunyai beberapa kelebihan yang perlu anda pahami, antara lain:

Lebih Fleksibel.

Kuliah Online

Ilustrasi Kuliah Online (Img: pexels.com by annushka ahuja)

Di antara kalian mungkin sepakat bahwa belajar secara online lebih fleksibel ketimbang secara offline atau datang langsung. Anda bisa memanfaatkan ruangan khusus agar kegiatan belajar dapat berjalan lancar sehingga membuatnya menjadi lebih nyaman.

Hemat Waktu dan Biaya.

Ilustrasi Waktu dan Biaya (Img: pexels.com by monstera production)

Selain lebih nyaman, kuliah secara online juga bisa menghemat waktu karena lebih fleksibel. Bayangkan jika secara offline, mungkin lebih banyak menyita waktu apalagi saat di perjalanan ke kampus. Selain lebih efisien secara waktu, juga bisa menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi. Berbeda jika datang langsung ke kampus, tentu akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Lebih Canggih.

Ilustrasi Kuliah Online (Img: pexels.com by antoni shkraba)

Maksudnya dengan perkuliahan secara online ini membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengalaman belajar. Perkuliahan online ini juga menjadikannya lebih canggih karena tersedia diskusi online, video, hingga platform perkuliahan interaktif. Ini dapat mempermudah mahasiswa mendapat pengetahuan secara luas karena mudah di akses.

Kekurangan Perkuliahan Online.

Di balik kelebihan pembelajaran secara online ini ternyata tidak lepas akan kekurangannya. Di bawah ini terdapat ada dua kekurangan pada belajar online, antara lain:

Kurangnya Interaksi.

Meskipun pada platform belajar online tersedia fitur oncam (on camera), tetapi hal tersebut justru malah interaksi berkurang. Hal tersebut bisa membuat mahasiswa sulit membangun hubungan sosial yang penting dalam dunia kerja.

Rawan Gangguan Teknis.

Ilustrasi Internet Error (Img: pexels.com)

Dalam perkuliahan online, selalu pastikan bahwa kuota internet anda masih memadai untuk di gunakan. Meskipun ada faktor lain yang membuat internet putus atau error tiba-tiba, tetapi memang yang paling sering ialah karena kuota internet yang kurang memadai. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan kuota internet secara berkala agar ketika di gunakan tidak ada kendala. Selain kuota, pastikan juga kondisi perangkat dan headset atau earphone yang di gunakan sehingga bisa mendukung aktivitas belajar online tersebut.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 64 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi