Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 16 Okt 2023 14:00 WIB ·

Kuliah Sambil Kerja, Perhatikan Tips Berikut Ini!


Ilustrasi Kuliah (img: pixabay.com by lee jong soo) Perbesar

Ilustrasi Kuliah (img: pixabay.com by lee jong soo)

Bekerja sembari kuliah merupakan dua kegiatan yang di lakukan secara beriringan. Di satu sisi anda harus menunaikan kewajiban anda sebagai mahasiswa tetapi di sisi lain anda juga harus menjalankan pekerjaannya. Sebagian pekerja yang ingin kuliah mengambil program kelas karyawan yang di selenggarakan oleh sebagian besar perguruan tinggi sehingga aktivitas kuliah tidak mengganggu pekerjaan anda. Meskipun waktu kuliah terlihat lebih fleksibel, tetapi bukan berarti anda bisa bebas masuk kapanpun. Anda harus memilih jadwal kuliah sesuai dengan waktu yang anda miliki, biasanya mahasiswa yang bekerja akan mengambil kuliah di sore hari atau hari sabtu. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda coba terapkan saat kuliah sambil kerja.

Tips Kuliah Sambil Kerja dengan Mencari Waktu Luang.

Kuliah sambil kerja

Ilustrasi Waktu Luang (Img: pexels.com by michaela)

Langkah pertama yang perlu anda perhatikan saat memutuskan kuliah ialah waktu luang. Sebagai seorang pekerja, anda harus mengetahui aktivitas yang di lakukan selama seminggu bekerja. Lalu, periksa kembali dari rutinitasnya tersebut sebelum anda memilahnya untuk aktivitas tertentu. Berdasarkan apa yang sudah anda pilah tersebut, anda akan mengetahui mana kegiatan yang bisa anda kesampingkan untuk di jadikan sebagai waktu kuliah anda.

Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat.

Ilustrasi Jurusan Kuliah (Img: pexels.com by liza summer)

Hal yang dapat anda pertimbangkan saat memutuskan berkuliah ialah memilih jurusan kuliah. Pastikan jurusan kuliah yang anda pilih sesuai dengan pekerjaan anda. Hal ini bertujuan agar nantinya anda bisa mendapatkan jenjang karir ketika sudah lulus nanti. Jangan sampai memilih jurusan kuliah hanya berdasarkan suka saja. Karena dari sudut pandangan karyawan, memilih jurusan kuliah yang sesuai dapat menunjang karir anda di perusahaan. Oleh karena itu, pilihlah jurusan kuliah sesuai dengan aktivitas pekerjaanmu saat ini.

Mencari Jadwal Yang Sesuai agar Kuliah Sambil Kerja Berjalan Lancar.

Ilustrasi Mengatur Jadwal (Img: pexels.com by marko klaric)

Hal yang perlu menjadi perhatian anda saat memutuskan kuliah ialah jadwal kuliah. Sering kali jadwal kuliah tidak sesuai dengan harapan bahkan sering berbenturan dengan waktu kerja. Hal ini kerap menjadi kendala mahasiswa yang bekerja. Oleh sebab itu, pilihlah skema perkuliahan dan waktu yang di sediakan oleh fakultas agar tidak ada kendala ketika proses perkuliahan berlangsung. Ada beberapa universitas menerapkan perkuliahan dengan sistem hybrid. Sistem hybrid merupakan kombinasi antara kuliah online maupun offline.

Mencari Lokasi Kampus Yang Strategis.

Ilustrasi Lokasi Kampus (Img: pexels.com by shoeb khan)

Lokasi kampus juga tidak kalah pentingnya bagi anda yang ingin memutuskan kuliah. Pastikan kampus yang anda pilih tidak jauh dari tempat kerja anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari terlambat masuk kuliah karena seringkali anda menemukan mahasiswa yang bekerja datangnya terlambat. Selain itu, pastikan juga kampus yang anda pilih mudah menemukan transportasi. Sepeti kampus atma jaya jakarta misalnya yang mana akses transportasi mudah di temukan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik