Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 12 Jun 2022 13:00 WIB ·

5 Kuliner Khas Bali yang Menjadi Incaran Para Turis


Img: food.detik.com Perbesar

Img: food.detik.com

Bali populer dengan keindahan alamnya yang tiada duanya. Baik turis dari dalam maupun luar negeri berbondong-bondong untuk mencicipi seindah apa alam yang Bali miliki. Namun, tidak hanya dengan keindahan alamnya, Bali ternyata juga menyajikan kuliner khas yang siap memikat lidah mana pun yang mencicipnya. Nah, berikut adalah 5 kuliner khas Bali yang menjadi incaran para turis.

 

1. Sate Lilit

Img: food.detik.com

Selain memiliki begitu banyak jenis soto, Indonesia juga memiliki beranekaragam jenis sate termasuk sate lilit khas Bali ini. Sate lilit merupakan makanan khas Bali yang berbahan dasar daging ayam atau ikan yang dalam pembuatannya melalui proses penggilingan. Proses pemasakan kemudian berlanjut dengan penambahan kelapa parut. Kemudian, daging tersebut pun dililitkan pada batang bambu. Dalam penyantapan sate lilit ini, masyarakat Bali biasanya mencampur sate lilit ini dengan nasi campur khas Bali. Namun, tidak jarang ada masyarakat yang lebih suka menikmati sate lilit ini bersama saus sambal khas Bali.

 

2. Ayam Betutu

Img: asianfoodnetwork.com

Kuliner kedua yang begitu menjadi incaran para turis di Bali adalah ayam betutu. Sesuai seperti namanya, kuliner yang satu ini berasal atau berbahan dasar ayam. Proses pemasakan ayam betutu khas Bali ini membutuhkan bumbu khas Bali yang merupakan bumbu dengan rempah-rempah yang beranekaragam. Rempah-rempah itu meliputi kemiri, kunyit, sereh, salam, dan masih banyak lagi.

 

3. Rujak Buleleng Bali

Img: food.detik.com

Selanjutnya ada rujak buleleng bali. Seperti namanya, rujak buleleng bali merupakan kuliner dengan rupa rujak pada umumnya. Namun, ternyata ada sesuatu yang istimewa dari rujak buleleng bali, lho! Pada penyajiannya, bumbu rujak terasa cukup pedas sehingga membawa citarasa pedas dan segar sekaligus. Tidak hanya itu, dalam bumbu rujak buleleng bali ini juga ditambahkan pisang batu dengan tujuan untuk menambah citarasa pada bumbu rujak ini.

 

4. Bubur mengguh

Img: kulinear.hops.id

Kuliner khas Bali yang berikutnya adalah bubur mengguh. Bubur ini merupakan bubur khas Bali yang berasal dari Buleleng. Masyarakat Bali percaya bahwa bubur ini adalah santapan wajib dalam penyajian suguhan di upacara adat yang ada di Bali. 

Bubur mengguh memiliki cita rasa yang khas dengan rasa gurih yang mendominasi. Bubur ini juga memiliki isian yang beranekaragam mulai dari ayam suwir, kacang, hingga seledri.

 

5. Nasi Jinggo

Img: kompas.com

Kuliner Bali berikutnya adalah nasi jinggo. Makanan yang satu ini merupakan salah satu kuliner yang begitu populer di Bali. Dengan bahan dasar berupa nasi yang hampir mirip seperti nasi kucing, nasi jinggo memiliki citarasa gurih dan sedikit pedas yang begitu khas. Dalam penyajiannya, biasanya nasi jinggo disajikan dengan daun pisang dan dalam porsi yang terbilang kecil.

 

Nah, itulah 5 kuliner khas Bali yang menjadi incaran para turis. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner